Beranda Peristiwa Rebutan 1001 Tumpeng, Wujud Syukur Warga

Rebutan 1001 Tumpeng, Wujud Syukur Warga

BERBAGI

Malang, AGTVnews.com – Ribuan warga Desa Sanan Kerto Kecamatan turen kabupaten Malang berebut 1001 tumpeng dalam rangka sedekah bumi, Senin sore (16/10/2017). Sedekah bumi ini menjadi wujud syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah yang melimpah .

Sebelum diarak, 1001 tumpeng ini didoakan terlebih dahulu oleh pemimpin desa setempat. Kegiatan 1001 tumpeng ini sudah dinanti-nantikan warga yang ingin mendapat berkah dari grebeg sesucen dan sedekah bumi.

Ribuan warga ini sudah menanti dari pagi hari sebelum kegiatan dimulai pada sore hari. Setelah didoakan, ribuan tumpeng yang diletakan di tengah lapangan ini, langsung menjadi rebutan warga.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, I Made Arya, acara ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena tidak hanya sebagai bentuk rasa syukur warga, namun juga sebagai sarana promosi desa.

| Baca Juga:  Kampanye Pelestarian Alam Dengan Dongeng

“Kegiatan ini sangat baik karena selain sebagai wujud rasa syukur, juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan desa. Desa ini sangat bagus bila dijadikan sebagai desa wisata, karena nuansa alamnya sangat indah. Siapa tau ada pelaku wisata yang tertarik,” ujar I Made Arya.

Sebelum dikumpulkan di tengah lapangan desa, 1001 tumpeng ini diarak mengelilingi jalan desa dengan jarak tempuh 5 kilometer. Warga yang sudah menanti-nantikan acara ini langsung menyerbu dan memperebutkan isi tumpeng.(*)

Reporter : Ilmi Zamzam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here