Beranda Peristiwa Tidak Transparan, Warga Tuntut Ketua LMDH Diganti

Tidak Transparan, Warga Tuntut Ketua LMDH Diganti

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Warga Desa Satak Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri mengadu ke Kantor Perum Perhutani KPH Kediri dan meminta Ketua Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) Satak, EC diganti. Warga menilai EC seringkali menyimpang dari tugasnya, dan menduduki jabatan melampui batas kewajaran.

Menurut perwakilan warga Agustianto, warga sengaja mendatangi Kantor Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri guna minta penjelasan terkait dengan tugas pokok fungsi sekaligus menanyakan lamanya masa jabatan ketua LMDH.

“EC sudah menjabat selama 18 tahun, dan itu tidak dibenarkan oleh Perhutani. Apalagi dalam pengelolaan lahan sharing antara warga anggota LMDH dengan Perhutani juga tidak transparan. Hal inilah yang memicu keresahan masyarakat sekitar hutan yang selama ini menggantungkan ekonomi hidupnya dari bertani, “ujar Agus.

| Baca Juga:  Bupati Kediri Gelar Safari Ramadan di Panti Asuhan

Agustiono menambahkan, kerjasama pembagian pengelolaan lahan antara warga dengan Perhutani juga tidak jelas. Lahan banyak dikelola oleh orang luar yang bukan warga setempat. Kalau hal itu terus dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan gejolak lebih besar.

Sementara itu, warga yang datang ke Kantor Perhutani KPH Kediri, diterima oleh Wakil ADM, Heri Suprayitno. Karena masih berupa pengaduan, maka pihak Perhutani hanya bisa menampung keluhan warga dan secepatnya akan melakukan kroscek di lapangan.

Bila ditemukan adanya pelanggaran, maka pihak Perhutani akan membekukan sementara kerjasama kemitraan dengan LMDH setempat dan sambil menunggu re-organisasi pengurus LMHD yang baru.(*)

| Baca Juga:  Perguruan Pencak Silat Di Kediri Sepakat Ciptakan Kondisi Aman dan Kondusif

Reporter : Rianto