Beranda Peristiwa Banjir, Putus Akses Pacitan Dari Sejumlah Arah

Banjir, Putus Akses Pacitan Dari Sejumlah Arah

BERBAGI

Pacitan, AGTVnews.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pacitan sejak Senin sore, (27/11/2017) hingga Selasa malam (28/11/2017) mengakibat banjir semakin meluas. Bahkan beberapa akses jalan penghubung ke wilayah lain terputus total.

Dari data yang diperoleh di Stasiun curah hujan Kebun Agung kabupaten Pacitan Jawa Timur, tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Pacitan tercatat 304 mm/hari. Kondisi ini dinilai membahayakan, saat kondisi curah hujan 100 mm/hari sudah berpotensi menimbulkan bankir. Sementara akibat tingginya curah hujan, embung buatan Pemerintah Kabupaten Pacitan Jebol, dan bukan waduk yang ada di Pacitan.

banner

Dengan kondisi hujan yang masih belum berhenti ini berpotensi akan menimbulkan banjir susulan dengan debit air yang lebih tinggi. Meski demikian kondisi Bendungan Tukul yang ada di Desa Karanggede Kecamatan Arjosari masih cukup aman.

| Baca Juga:  Gus Ipul Minta Masyarakat Waspada Bencana

Banjir besar di wilayah Pacitan ini mengakibatkan sejumlah akses jalan yang menghubungkan Pacitan dengan beberapa kota lain seperti Ponorogo dan Solo terputus total. Akses Solo-Pacitan terputus di Wonogiri akibat adanya longsor di alas Pegat. Informasi yang kami terima, Bupati Pacitan terjebak di daerah tersebut saat perjalanan pulang dari Jakarta. Sementara itu akses Pacitan melalui Ponorogo terputus di Kecamatan Gemaharjo yang merupakan perbatasan wilayah antara Pacitan-Ponorogo.

Data yang diperoleh dari BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya menyebutkan, kondisi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang masih akan terus terjadi di beberapa wilayah seperti Pacitan, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Magetan, Trenggalek, diperkirakan akan meluas ke wilayah Nganjuk, Kediri, Blitar, Tulungagung, Sampang, Pamekasan dan Probolinggo.(*)

Tim Liputan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here