Beranda Pemerintahan Kebijakan Tidak Jelas, Nasib Penambang Tradisional Sampung Terkatung-Katung

Kebijakan Tidak Jelas, Nasib Penambang Tradisional Sampung Terkatung-Katung

BERBAGI

Ponorogo, AGTVnews.com – Nasib puluhan penambang tradisonal di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo terkatung-katung, akibat belum jelasnya keputusan pemerintah daerah Ponorogo terkait penutupan tambang kapur di daerah tersebut. Para penambang tradisional tersebut kini bahkan menganggur karena pekerjaan satu-satunya adalah sebagai penambang tradisional tersebut.

Pardiyo, salah satu warga mengaku selama hampir satu bulan lebih tidak berani melakukan aktifitas apapun di pertambangan tersebut. Pemerintah Kabupaten Ponorogo secara sepihak menutup pertambangan tersebut, karena tidak adanya ijin.

“Karena tambang yang ditutup, sudah hampir satu bulan ini kita ndak berani ngapa-ngapain. Kita hanya pingin tambang itu jelas. kalau memang ditutup sementara, bukanya kapan,” ujar Pardiyo.

| Baca Juga:  Rumah Permanen Bantuan Longsor Banaran Selesai Dibangun

Meski pemerintah melakukan penutupan tambang, namun ironisnya pemerintah juga mendatangkan sejumlah alat berat di pertambangan kapur tersebut. Sebelumnya ratusan warga dari Desa Sampung, melakukan aksi demo meminta pemerintah untuk membuka kembali pertambangan tersebut.(*)

Reporter: Dinar Putra Perdana