Beranda Peristiwa Tanggul Jebol, Puluhan Hektar Sawah Terendam Banjir

Tanggul Jebol, Puluhan Hektar Sawah Terendam Banjir

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Sejumlah wilayah di Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar terendam banjir, akibat jebolnya tanggul sungai Kedutunut, Jumat (24/11/2017). Luapan air merendam sejumlah persawahan warga di daerah tersebut bahkan hingga masuk ke pemukiman warga. Namun kondisi ini tidak berlangsung lama. Kondisi air di pemukiman sudah surut, hanya menyisakan rendaman air di persawahan warga seluas 25 hektar.

Menurut Lurah Sutojayan, Sugeng, banjir ini terjadi hampir setiap tahun, akibat adanya pendangkalan sungai dan perlu adanya normalisasi. Namun diperkirakan hal tersebut tidak akan bisa dilaksanakan tahun ini, karena besarnya anggaran yang diperlukan.

| Baca Juga:  Peringati May Day, Ratusan Buruh di Blitar Pilih Lakukan Ini

“Selama ini warga menggunakan tanggul tradisional yang dibuat warga sendiri dari pasir. Lama-kelamaan, akibat debit sungai yang tinggi, akhirnya menggerus tanggul dan jebol. Banjir ini merendam sekitar 25 hektar sawah milik warga yang sudah ditanami,” ujar Sugeng.

Sementara itu, menurut salah satu warga, Slamet, banjir selalu terjadi setiap tahun, terlebih memasuki musim penghujan. Warga tidak bisa melakukan apapun, karena banjir datang sewaktu-waktu.

“Banjirnya ini setiap tahun terjadi. Seperti saat ini sudah musim tanam, ya akhirnya bibit padi nya terendam banjir. Kita cuma bisa nunggu sampai airnya surut saja, dan kembali mengulang dari awal. karena biasanya bibit padinya sudah busuk terendam air,” ujar Slamet dalam bahasa Jawa.

| Baca Juga:  Ini Total Kerusakan Akibat Amukan Puting Beliung

Beberapa wilayah yang terkena dampak banjir diantaranya, Kelurahan Sutojayan, Desa Sumberrejo dan Desa Bacem. Warga hanya bisa memindahkan barang berharga mereka ke tempat yang lebih tinggi, untuk mengantisipasi bila banjir susulan kembali terjadi.(*)

Reporter : Linda Kusuma