Beranda Wisata Hiburan Upacara Adat Bersih Nagari, Ratusan Warga Berebut Tumpeng di Pendopo

Upacara Adat Bersih Nagari, Ratusan Warga Berebut Tumpeng di Pendopo

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Ratusan warga di Tulungagung Jawa Timur, saling berebut tumpeng raksasa dalam Upacara adat Bersih Nagari di halaman pendopo Kabupaten Tulungagung, Sabtu (18/11/2017).

Upacara adat ini untuk memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung yang ke-812. Upacara adat ini agar warga Tulungagung selalu hidup dalam kemakmuran dan juga untuk melestarikan budaya leluhur.

Usai didoakan, dua tumpeng raksasa yang berisi sesaji lengkap dengan lauk pauknya dan hasil bumi ini langsung menjadi rebutan ratusan warga. warga percaya, bila mendapatkan salah satu sesaji dan hasil bumi maka akan mendapat keberkahan. Bahakan ada sebagian warga yang nekat naik ke keknadaraan pembawa tumpeng agar mendapatkan hasil lebih banyak.

Menurut salah seorang warga, Ananingsih, mengaku telah seringkali mengikuti acara rebutan tumpeng raksasa, karena diyakini jika mendapatkan salah satu isi dari kedua tumpeng tersebut akan mendapatkan rejeki yang melimpah dan terhindar dari marabahaya.

“Sering ikutan rebutan tumpeng raksasa ini. Kalau dapat isi dari dari tumpeng ini maka akan mendapat rejeki dan terhindar dari bencana,” ujar Ananingsih.

| Baca Juga:  Serangan Ribuan Ekor Ulat Bulu Resahkan Warga Tulungagung

Sementara itu, Syahri Mulyo, Bupati Tulungagung mengatakan selain sebagai puncak peringatan hari jadi ke-812 Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya peninggalan leluhur.

“Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur atas kemakmuran yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa kepada masyarakat Tulungagung agar dijauhkan dari marabahaya. Bahkan diharapkan dengan situasi yang relatif kondosif ini tetap terjaga karena tidak lama lagi akan di gelar pilkada serentak 2018,” ujar Syahri Mulyo.

Sebelum menjadi rebutan warga, terlebih dahulu tumpeng ini diarak. Tumpeng raksasa yang berisi nasi kuning disebut tumpeng lanang dan tumpeng yang berisi hasil bumi disebut tumpeng wedok. Arak-arakan ini di ikuti bupati dan wakil bupati serta forkompimda Tulungagung mengendarai kereta kencana.

Diharapkan kirab tumpeng Bersih nagari ini bisa menjadi daya tarik wisatawan sebagai salah satu bentuk budaya dan kearifan lokal yang tidak dimiliki daerah lain.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here