Beranda Peristiwa Hujan Semalaman Puluhan Hektar Sawah di Madiun Terendam Banjir

Hujan Semalaman Puluhan Hektar Sawah di Madiun Terendam Banjir

BERBAGI

Madiun, AGTVnews.com – Hujan yang terjadi selama semalaman di wilayah Desa Sendang Rejo Kecamatan Madiun Jawa Timur mengakibatkan puluhan hektar sawah terendam banjir. Akibat banjir ini, diperkirakan petani mengalami kerugian Rp 5 juta untuk setiap hektar sawah.

Menurut pantauan di lapangan, banjir yang terjadi tidak hanya merendam persawahan bahkan sudah meluber ke pemeatang sawah. Dengan kondisi ini petani mengurungkan niatnya untuk menanam bibit padi.

Menurut salah satu petani, Soekarno, hujan deras semalaman di desanya mengakibatkan lahan sawah milik warga terendam air.

| Baca Juga:  Tangki Evaporator Pabrik Gula Pagotan Meledak

“Hujan deras tadi malam mengakibatkan banjir ini. Sekitar 30an hektar sawah petani terendam banjir. Kalau seperti ini pasti jadinya rugi, karena bibit yang terendam air akan menjadi busuk,” ujar Soekarno

Sementara itu menurut petani lain, Kasan, banjir yang melanda persawahan tersebut nantinya akan membawa hama penyakit seperti sundep maupun keong.

“Banjir biasanya akan membawa hama lain, seperti sundep maupun keong. Apalagi wilayah ini seringkali terendam air bila huja turun deras dan waktuya lama,’ ujar Kasan.

| Baca Juga:  Hujan Deras 2 Jam, Kota Kediri Dikepung Banjir

Dengan adanya bencana banjir ini, petani harus mengulang dari awal proses tanam padi merka, Biji padi yang terendam banjir akan membusuk dan tidak akan berhasil ditanam. (*)

Reporter: Eko Prasetyo