Beranda Pendidikan GOW Kabupaten Blitar, Ajak Wanita Menjadi Ibu cerdas

GOW Kabupaten Blitar, Ajak Wanita Menjadi Ibu cerdas

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Menjadi seorang ibu maupun pendidik bagi anak usia dini saat ini harus lebih cerdas. Selain untuk menumbuhkan kreatifitas anak, juga untuk bekal tumbuh kembang mereka. Melihat kondisi ini Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Blitar, mengajak para ibu yang ada di Kabupaten Blitar Jawa Timur untuk menjadi ibu cerdas.

GOW megadakan seminar menjadi ibu cerdas, bagi sejumlah organisasi wanita yang ada di Kabupaten Blitar. Dengan harapan ilmu yang telah diterima para organisasi-organisasi tersebut ditularkan kepada anggotanya.

Diikuti sejumlah organisasi wanita di kabupaten Blitar, diantaranya, Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kodim 0808, Bhayangkari Pores Blitar, Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI), serta sejumlah anggota Muslimat NU di Kabupaten Blitar.

Menurut Ninik Rijanto, Ketua GOW Kabupaten Blitar, kegiatan seminar yang diadakan tersebut, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas ibu-ibu dalam mendidik putra-putri mereka.

| Baca Juga:  Alquran Mini Mirip Gantungan Kunci Beredar di Blitar, MUI Turun Tangan

“Anak adalah aset bangsa, terlebih untuk anak pada masa usia dini. Ini merupakan masa emas. Jangan sampai kita selaku ibu, nenek, salah dalam mendidik, sehingga justru kreatifitas anak dimatikan, dan anak menjadi tidak berkembang,” jelas Ninik.

Ditambahkannya, ternyata apa yang dilakukan oleh orang tua selama ini dalam mendidik anak banyak yang salah, seperti mengancam, menakut-nakuti, ternyata itu tidak boleh.

“Harapannya, nanti ilmu dari seminar ini bisa ditularkan ke ibu yang lain, sehingga para ibu tersebut bisa menjadi ibu yang cerdas dan berkualitas.”

Sementara itu, menurut salah satu peserta, Ajeng, dari IGTKI Kabupaten Blitar, apa yang disampaikan dalam materi tersebut memang sebagian besar sudah diterapkan, terlebih pada dunia pendidikan usia dini. Namun untuk pelaksanaannya di rumah yang perlu ditingkatkan.

“Apa yang diberikan dalam seminar tadi, bagaimana cara memperlakukan anak usia dini, dan cara mendidiknya memang sebagian sudah dilaksanakan di lembaga TK maupun PAUD namun, ibu-ibu yang di rumah juga perlu melakukan hal tersebut agar ada kesinambungan, jadi tidak terputus ditengah jalan,” ujar Ajeng.

| Baca Juga:  Dalam Seminggu Kasus DBD di Blitar Meningkat Hingga Lebih 100 Persen

Pemateri seminar ibu cerdas, Imam Mahmud, yang merupakan Ketua Umum HIMPAUDI Jawa Timur, mengatakan, saat ini perlu diubah cara mendidik anak yang ditaku-takuti, anak dipaksa ini dan itu, biarkan anak berkembang sesuai dengan keinginannya.

“Memang saat ini tidak lagi jaman anak ditakut-takuti, anak dibentak. Apa yang dilakukan oleh GOW Kabupaten Blitar ini sungguh luar biasa, karena berpikir bagaimana caranya bisa menjadi orang tua yang cerdas,” ujar Imam.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para ibu di kabupaten Blitar bisa menjadi orang tua yang cerdas.(*)

Reporter: Linda Kusuma