Beranda Peristiwa Ibu Sekap Anak Kandung Alami Gangguan Psikotik

Ibu Sekap Anak Kandung Alami Gangguan Psikotik

BERBAGI

Malang, AGTVnews.com – Kondisi kejiwaan ibu kandung yang menyekap anaknya sendiri selama hampir satu tahun ternyata mengalami gangguan. Saat ini AL menjalani perawatan intensif di rumah sakit Dokter Radjiman Wediodiningrat Lawang Kabupaten Malang Jawa Timur.

AL dirawat di ruang mawar, ruang perawatan untuk pasien wanita dengan gangguan jiwa. Tim dokter tidak hanya melakukan pemantauan terkait kondisi perkembangan kejiwaan AL, namun juga melakukan pendampingan untuk pemulihan kondisi kejiwaannya.

Menurut Dirut RSJ dr Radjiman Wediodiningrat, dr Laurentius Panggabean, tim dokter akan terus melakukan pemantauan terhadap pasien tersebut. Selain itu juga perlu adanya pendampingan terus agar kondisi kejiwaannya stabil.

| Baca Juga:  Petugas Temukan Cacing Hati Dan Infeksi Paru Pada Hewan Kurban

“Pendampingan ini perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan jiwa dari pasien. Selain itu kita juga melihat apakah perlu dari pihak keluarga untuk mendapat bimbingan konseling atau bahkan intervensi,” jelasnya.

Pada kasus AL ini pihak rumah sakit akan mengirimkan dokter untuk melakukan penilaian terhadap traumatik anak-anak AL yang mengalami penyekapan. Bila diperlukan, rumah sakit akan mengirimkan psikiater khusus anak untuk menghindarkan trauma bagi mereka.

Dari hasil observasi sementara yang dilakukan, AL mengalami ganguan psikotik atau gangguan jiwa akibat ketakutan terhadap banyak hal.

“Nampaknya pasien ini mengalami paranoid terhadap banyak hal, ini bisa jadi akibat faktor lingkungan maupun faktor genetik. Tentunya dengan perawatan yang sesuai prosedur dan dirawat di ruang Intensive Psyciatric care Unit (IPCU), kondisinya akan semakin membaik,” ujar dr Budi Cahyono, dokter yang merawat AL.

| Baca Juga:  Diterjang Puting beliung, Belasan Rumah di Malang Roboh

Setelah membaik, rencanannya AL akan dialihkan ke ruang tenang, dengan sejumlah terapi yang akan diberikan dokter pendamping. Dalam masa perawatan, AL sempat menanyakan kondisi ketiga anaknya.

Diberitakan sebelumnya, Seorang ibu di malang, AL warga Desa Sudimoro Kecamatan Bululawang Malang Jawa Timur, tega menyekap tiga anak kandungnya selama satu tahun di dalam rumah. Aksi ini diketahui tetangga korban, yang kemudian melaporkan ke perangkat desa setempat.(*)

Reporter: Ilmi Zamzam