Beranda Hukum Kriminal OTT Pungli APHB, Kepala Desa Saptorenggo Diamankan

OTT Pungli APHB, Kepala Desa Saptorenggo Diamankan

BERBAGI

Malang, AGTVnews.com – BRH, Kepala Desa Saptorenggo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Jawa Timur, diamannkan oleh tim Saber Pungli Polres Malang Jawa Timur. Pengamanan ini terkait adanya operasi tangkap tangan (OTT) tim Saber Pungli Polres Malang terhadap sejumlah orang pada pertengahan Desember lalu.

OTT dilakukan saat BRH, dan seorang perangkat desa melakukan pungutan liar untuk pengurusan akta pembagian hak bersama (APHB). Pada saat OTT, perangkat desa tersebut langsung diamankan, namun BRH baru diamankan pada pertengahan Januari ini.

Menurut Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, seharusnya biaya yang dibayarkan untuk pengurusan APHB tersebut sebesar Rp 1,8 juta namun ternyata biaya tersebut membengkak menjadi Rp 16 juta.

| Baca Juga:  Pemkot Kediri Kukuhkan Satgas Saber Pungli

“Ya, dari tim Satgas Saber Pungli Polres malang menangkap dua orang, yang satu perangkat desa Kaur Umum Desa Saptorenggo, dan BRH. Namun saat OTT pada pertengahan Dessember lalu, BRH ini belum kita amankan. Kita masih meminta keterangan dari 20 saksi dan dua orang saksi ahli,” jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, setelah dilakukan penyelidikan lanjutan dengan memanggil sejumlah saksi, akhirnya BRH ditetapkan tersangka dan diamankan.

“Kalau biasanya pengurusan APHB itu adalah 10 persen dari NJOP, jadi hanya sekitar Rp 1,8 juta, nah ini sampai Rp 16 juta. Sudah tidak wajar itu, akhirnya kami masukkan dalam pungli,” tegas Kapolres.

| Baca Juga:  Lurah Garum Tersangka Kasus Pungli Ajukan Praperadilan

Dari OTT yang dilakukan, petugas mengamankan uang tunai hasil pungli senilai Rp 16 juta, sejumlah berkas dan dua ponsel. Untuk perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 12 sub Pasal 11 Undang-Undang RI nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.(*)

Reporter: Ilmi Zamzam