Beranda Pemerintahan Permudah masyarakat, Pembuatan Paspor Bisa Melalui Aplikasi Whatsapp

Permudah masyarakat, Pembuatan Paspor Bisa Melalui Aplikasi Whatsapp

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Kemajuan perangkat komunikasi dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya, aplikasi percakapan whatsapp (WA) yang bisa digunakan untuk mendapatkan paspor. Inovasi ini diterapkan Kantor Imigrasi kelas III Kediri.

Aplikasi whatsapp ini dimanfaatkan kantor imigrasi III Kediri sejak 17 November 2017 lalu. Salah satu masyarakat, Mahmudah dari Jombang Jawa Timur, merasakan manfaat kemudahan aplikasi tersebut.

“Saya mau umroh dan harus mengurus paspor. Dengan adanya aplikasi ini semuanya jadi mudah. Saya tidak harus bolak balik ke kantor imigrasi untuk memenuhi persyaratan yang kurang,” ujar Mahmudah.

Mahmudah menambahkan, setelah mendaftar melalui WA disitu akan ada jawaban jika persayaratan ada yang kurang. Jadi dirinya tidak perlu bolak balik harus ke Kediri.

“Saya kesini hanya menyerahkan nomer boking sama persyaratan asli, dan ini sudah jadi tinggal menunggu keberangkat ke Mekkah,” katanya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Kediri, Rakha Sukma Purnama mengatakan, dengan aplikasi WA tersebut masyarakat yang mengajukan pembuatan paspor tidak lagi dipersulit dengan harus antre berjam-jam di kantor Imigrasi. Karena dari aplikasi itu pemohon sudah mengetahui tanggal dan jam berapa dia harus ke kantor Imigrasi Kediri.

| Baca Juga:  Komplotan Bandit Spesialis Rumah Kosong Ditembak Polisi

“Jika sebelumnya, pemohon harus datang pagi-pagi ke sini hanya untuk mendapatkan nomor antrean, sekarang sudah tidak ada lagi yang seperti itu. Karena dari aplikasi berbasis online itu, masyarakat sudah mendapatkan nomor antrean kesini langsung dilayani dan paspor sudah jadi,” ujarnya.

Rakha menambahkan, prosedur menggunakan aplikasi berbasis online tersebut cukup mudah, pemohon hanya mengirimkan nama, tanggal lahir, dan tanggal ke nomer layanan Setelah mengirimkan pesan melalui Whatshap itu, pemohon akan langsung mendapatkan nomor boking untuk menyerahkan persyaratan keluar negeri ke Kantor Imigrasi Kelas III Kediri.

“Kalau sudah mengirim pesan ke nomor yang sudah kami sediakan, langsung keluar persyaratan apa saja yang harus dipenuhi dan kode boking antrean. Jadi, saat ini membuat paspor sudah tidak sulit lagi, semua bisa dilakukan di rumah masing-masing,” jelas Rakha Sukma Purnama.

Diharapkan dengan kemudahan layanan yang diberikan, masyarakat akan semakin terlayani dengan cepat.(*)

Reporter: Wiji Guntoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here