Beranda Hukum Kriminal Petugas Amankan Penjual Jajanan Penyebab Keracunan

Petugas Amankan Penjual Jajanan Penyebab Keracunan

BERBAGI

Malang, AGTVnews.com – Sedikitnya 26 siswa Sekolah Dasar Ngabab 3 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Jawa Timur harus dilarikan ke Puskesmas setempat diduga akibat keracunan jajanan sekolah, Senin (15/1/2018). Para siswa tersebut mengaku sakit kepala, mual-mual dan muntah-muntah. Kejadian ini setelah para siswa membeli jajanan makaroni yang ada di depan sekolah.

Menurut Kasatreskrim Polres Batu, AKP Anton Widodo, pihaknya sudah mengamankan penjual panganan IS, warga Pujon yang diduga sebagai penyebab keracunan tersebut.

“Petugas sudah mengamankan penjual makaroni tersebut dan juga bubuk bumbu rasa yang ada. Selain itu kita juga mengamankan sisa martabak yang belum terjual. Kita masih selidiki yang mana yang menyebabka gejala seperti keracunan tersebut,” jelas Kasatreskrim.

| Baca Juga:  Operasi 3 kali, Bocah Penderita Hernia Tidak Kunjung Sembuh

Pihak kepolisian juga sudah mengirimkan sampel muntahan ke laboratorium forensik Polda jawa Timur, untuk melihat penyebab pasti dari keracunan tersebut.

“Penjual tersebut menyediakan makaroni tawar, serta beberapa bubuk rasa-rasa sesuai permintaan dari para murid tersebut. Nah kita perlu tahu yang mana ini yang jadi penyebabnya,” ujar Kasatreskrim.

Petugas masih belum bisa menetapkan pedagang sebagai tersangka dan masih menunggu hasil laboratorium dari sisa muntahan dan makanan. Untuk sementara pedagang jajanan tersebut dikenakan wajib lapor.

“Untuk sementara kasus dugaan keracunan ini dilimpahkan ke Satreskrim Polres Malang, apabila terbukti bersalah, maka pedagang tersebut akan dikenai Undang-Undang no 18 tentang pangan serta undang-indang perlindungan konsumen dengan ancaman kurungan penjara 5 tahun.(*)

| Baca Juga:  Putri Duyung Di Depan Kantor Walikota Malang, Serukan Brantas Bebas Popok

Reporter: Ilmi Zamzam