Beranda Peristiwa Polisi Sidak Lokasi Tambang Rolak 70

Polisi Sidak Lokasi Tambang Rolak 70

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Petugas Polres Kediri melakukan sidak ke lokasi tambang Rolak 70 Desa Juwet Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri, Senin (8/1/2018). Sidak di lapangan untuk memastikan laporan Masyarakat yang didamping LSM, terkait peta titik koordinat perijinan yang dirasa menyimpang dengan lokasi yang digali.

Kanit Pidsus Satreskrim Polres Kadiri, Iptu Ego Fajar Akbar saat memimpin anggota di lokasi penggalian milik CV Adhi Djoyo di wilayah Desa Juwet menjelaskan, pihaknya hanya melakukan pengecekan di lapangan terkait dengan peta dalam perijinan yang dilaporkan ada penyimpangan oleh warga.

| Baca Juga:  Tuntut Diangkat CPNS, Ribuan Guru Honorer di Kediri Kembali Gelar Aksi

“Kami hanya melakukan pengecekan peta galian sebagai bahan penyelidikan menindaklanjuti adanya laporan dari warga,” ungkap Iptu Ego, didampingi beberapa penyidik dari unit Tindak Pidana Khusus Polres Kediri.

Sementara itu situasi saat pengecekan dilapangan sempat diwarnai adu mulut antara perwakilan warga dengan Sekretaris Desa Juwet, Sumarwan. Karena pihak warga hanya inginkan pihak desa menunjukkan batas wilayah, namun Sekdes justru terkesan berkelit.

Informasi dilapangan, ijin galiannya Rolak 70 hanya mencakup wilayah Desa Pare Lor Kecamatan Kunjang. Namun prakteknya proses penggalian masuk wilayah Dusun Jabon dan Nglerep Desa Juwet.

| Baca Juga:  Hujan Deras Lebih Dari Tiga Jam Jebolkan Tanggul Sungai Mejono

“Kalau memang ijinya wilayah Pare Lor, lalu kenapa justru yang digali wilayah Juwet. Itu jelas menyalahi aturan,” tegas Khoirul Anam, mewakili ratusan petani penggarap kawasan Rolak 70.

Masyarakat juga berharap pihak penegak hukum agar tidak lamban melakukan penindakan bila diketahui galian tersebut melakukan pelanggaran. “Kami berharap galian distop dulu dan yang melakukan penggalian ditindak, termasuk perangkat desa yang terlibat,” tandas Khoirul.

Reporter: Rianto