Beranda Peristiwa Sembilan Desa di Trenggalek Diterjang Banjir

Sembilan Desa di Trenggalek Diterjang Banjir

BERBAGI

Trenggalek, AGTVnews.com – Sembilan desa yang ada di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur diterjang banjir. Bahkan ketinggian air di salah satu ruas jalan kampung masih setinggi lutut orang dewasa. Air yang menggenang ini masuk ke perumahan warga. Banjir yang terjadi ini akibat hujan yang melanda wilayah Trenggalek lebih dari lima jam.

Menurut salah satu warga, Sukadi, sebelumnya saat hujan deras ketinggian air mencapai 1 meter. Air yang meluber ini masuk ke dalam rumah warga.

“Pas hujan deras itu, airnya sampai satu meter, masuk ke rumah warga. Ini sudah agak surut, jadi kita membersihkan perabotan rumah dari sisa lumpur dan sampah yang terbawa luapan banjir,” ujar Sukadi.

Banjir yang menerjang perumahan warga tersebut, mengakibatkan sumur warga keruh akibat tercemar endapan lumpur. Sehingga tidak layak untuk dikonsumsi dan untuk kegiatan mandi cuci.

Mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerjunkan sejumlah armada mobil tangki untuk memberikan bantuan suplai air bersih.

| Baca Juga:  Normalisasi Sungai di Sutojayan Ditargetkan Rampung 2019

Menurut Humas Pemkab Trenggalek, Triadi Atmono, pemerintah kabupaten dan juga sejumlah dinas terkait memberikan bantuan sarana dan prasaran juga logistik bagi para korban banjir.

“Pemerintah daerah bekerjasama dengan BPBD, Dinas Sosial, serta beberapa instansi terkait lainnya memberikan bantuan baik logistik dan juga sarana prasarana, bagi para korban banjir ini,” jelas Triadi.

Dari data yang ada di Pemkab Trenggalek, jumlah desa yang terdampak banjir mencapai 9 desa yang tersebar di Kecamatan Trenggalek, Pogalan dan Kecamatan Karangan. Sementara 9 Desa yang terkena banjir yakni Desa Karangsoko, Keluraham Tamana, Kelutan, Sambirejo Kecamatan Trenggalek, Desa Ngetal dan Ngadirenggo Kecamatan Pogalan.

Selain menggenangi rumah warga, bencana banjir tersebut juga mengakibatkan salah satu jembatan penghubung antar desa rusak parah dan nyaris ambrol.(*)

Reporter: Muttaqien

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here