Beranda Pemerintahan Sepi Peminat, Dishub Ubah Angkutan Umum Jadi Angkutan Sekolah

Sepi Peminat, Dishub Ubah Angkutan Umum Jadi Angkutan Sekolah

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar akan kembali mengaktifkan angkutan umum di Kabupaten Blitar yang belakangan kurang diminati warga. Angkutan umum ini akan diubah menjadi angkutan sekolah.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Toha Mashuri mengatakan, angkutan umum saat ini jarang peminatnya karena lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan para pelajar memilih untuk membawa sepeda motor.

“Masyarakat yang sudah memiliki kendaraan pribadi sekarang enggan untuk naik kendaraan umum, terutama anak sekolah justru memilih naik sepeda motor padahal belum cukup umur untuk mengendarai sepeda motor,” ungkap Toha Mashuri.

| Baca Juga:  Bupati Blitar Audiensi Bersama Relawan TIK

Toha Mashuri menambahkan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan melibatkan Organisasi Angkutan Darat (Organda), Polres Blitar, dan Dinas Pendidikan untuk segera merealisasikan rencana tersebut.

“Kedepan memang angkutan umum untuk pelajar itu akan digratiskan, menunggu anggaran dari Pemkab. Untuk sementara dengan biaya mandiri dari orang tua. Tapi kedepan, kita akan mengusulkan untuk menganggarkan subsidi angkutan sekolah agar anak-anak sekolah menggunakan angkutan umum secara gratis,” imbuhnya.

Pemberian angkutan sekolah gratis ini untuk mengantisipasi adanya pelajar belum cukup umur yang membawa kendaraan bermotor ke sekolah. Beberapa waktu yang lalu, Polres Blitar bahkan melakukan razia kendaraan bagi pelajar yang kedapatan membawa kendaraan ke sekolah.

| Baca Juga:  Buka Jambore MACI ke-25, Bupati Promosikan Blitar Kepada Pecinta Motor Antik

Data di Satlantas Polres Blitar, selama 2017 lalu sebanyak 22 pelajar meninggal dunia akibat kecelakaan. Sedangkan 55 pelajar menjadi tersangka dalam kasus kecelakaan lalu lintas.(*)

Reporter: Linda Kusuma