Beranda Ekonomi Bisnis Hanya Terpenuhi 50 persen, Target Bulog Subdivre Diturunkan

Hanya Terpenuhi 50 persen, Target Bulog Subdivre Diturunkan

BERBAGI

Tulungaggung, AGTVnews.com – Rendahnya serapan gabah setara beras yang dicapai Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Tulungagung Jawa Timur pada tahun 2017 lalu menjadikan Bulog Pusat menurunkan target serapan di tahun 2018 ini.

Target pada tahun 2017 sebesar 56.000 ton, hanya mampu terpenuhi separohnya saja. Untuk itu, target serapan di tahun 2018 diturunkan menjadi 35.500 ton saja, atau turun 36 persen dari tahun sebelumnya.

Bulog sub divisi regional Tulungagung Jawa Timur meliputi wilayah kerja Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, serta Kabupaten dan Kota Blitar. Dari target 35.500 ton pada tahun 2018, hingga pertengahan Februari 2018 ini baru terserap 1.300 ton gabah beras petani. Rendahnya penerimaan diawal ini karena awal Januari Bulog tidak melakukan pembelian beras dari petani.

Krisna Murtiyanto, Kepala Bulog Sub Divre Tulungagung mengatakan, diawal tahun 2018 ini Bulog membeli gabah dan beras petani baru di bulan Februari, sementara pada bulan Januari Bulog tidak melakukan pembelian.

| Baca Juga:  Lulusan SMA Sumbang Angka Pengangguran Baru

“Kita baru membeli beras dan gabah petani pada bulan Februari. Sebab Januari harga gabah kering panen dipasaran masih mencapai Rp 5.600 per kilogram. Baru di bulan Februari sebab harga pokok pembelian (HPP) gabah kering giling sebesar Rp 4.600 rupiah mendekati harga pasaran,” jelas Krisna.

Krisna menambahkan, rendahnya serapan tersebut karena adanya beberapa faktor. Adanya faktor bencana alam dan serangan hama penyakit.

“Meski target pada tahun 2017 tidak terpenuhi, dan awal ini baru beberapa ribu ton saja, tapi kami optimis target tersebut akan terpenuhi. Kita sudah memiliki 14 mitra, dan 3 tim satgas Bulog,” imbuhnya.

Diperkirakan rendahnya HPP yang diterapkan bulog, menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya serapan beras dari petani. Namun saat panen raya, HPP gabah ini akan dinaikan 20 persen.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here