Beranda Peristiwa Jelang Imlek, Warga Tionghoa Mandikan Patung Dewa

Jelang Imlek, Warga Tionghoa Mandikan Patung Dewa

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Menjelang perayaan Imlek 2018, warga Tionghoa yang ada di Kota Blitar Jawa Timur, melakukan tradisi membersihkan patung dewa di klenteng Poo An Kiong Kota Blitar, kemarin (11/2/2018). Selain membersihkan, patung dewa tersebut uga dimandikan dengan air kembang sebagai tradisi penghormatan.

Simak Video Liputannya:

Kegiatan pembersihan patung dewa tersebut selalu dilakukan warga Tionghoa setiap tahunnya di Klenteng Poo An Kiong tersebut. Ritual ini untuk menyembut tahun baru cina atau imlek ke 2569 pada 16 Februari 2018 nanti. Warga Tionghoa yang menjadi Jamaah klenteng bergotong royong membersihkan klenteng dan juga memandikan patung dengan air kembang.

Menurut pengurus klenteng Poo An Kiong, Daniel, pembersihan yang dilakukan tidak hanya untuk patung dewa saja, namun juga keseluruhan bagian yang ada di Klenteng.

“Semua bagian dari klenteng kita bersihkan, seperti altar, tempat lilin, patung-patung, dibersihkan semua. Untuk patung kita bersihkan juga bagian bajunya, ataupun kalau ada noda yang menempel kita hilangkan,” jelas Daniel.

Dengan ritual pembersihan ini, diharapkan umat tionghoa selalu mendapat limpahan keselamatan, berkah dan kebahagiaan.(*)

Reporter: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here