Beranda Hukum Kriminal Kades Kalisongo Tersangka Pengurusan IMB dan IPPT

Kades Kalisongo Tersangka Pengurusan IMB dan IPPT

BERBAGI

Malang, AGTVnews.com – Pasca OTT Kades Kalisongo Kecamatan Dau Kabupaten Malang, S, ditetapkan sebagai tersangka. Sebelumnya S juga pernah dilaporkan atas pemalsuan dokumen oleh korban yang sama.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, kepala desa ini tertangkap tangan tim gabungan Saber Pungli Mabes Polri bersama tim Saber Pungli Polres Malang, terkait pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin peruntukkan penggunaan tanah, IPPT dengan luas tanah dua hektar.

“Yang diurus masih sekitar 5000 meter persegi. Untuk pengurusan ini korban dimintai uang sebesar Rp 140 juta. Korban sudah membayar sebanyak Rp 27 juta melalui tiga termin pembayaran,” jelas Kapolres, Jumat (16/2/2018).

| Baca Juga:  Edarkan Tembakau Gorila di Kampus, Mahasiswa Diamankan

Kapolres menambahkan untuk mengeluarkan izin IMB dan IPPT ini, bukan wewenang dari kepala desa melainkan wewenang dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

Dalam pengembangan penyidikan diketahui pelaku pernah dilaporkan oleh korban yang sama, terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen di tahun 2017. Meski sudah menetapkan kepala desa ini sebagai tersangka namun hingga kini pihak Polres Malang masih terus mengembangkan kasus ott ini.

Tersangka dijerat Undang-Undang Tipikor pasal 12-e junto pasal 11 dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.(*)

| Baca Juga:  Bupati Jombang Dikabarkan Terciduk KPK

Reporter: Ilmi Zamzam