Beranda Pendidikan Ribuan Siswa SMP di Kabupaten Blitar Tidak Bisa Ikuti UNBK

Ribuan Siswa SMP di Kabupaten Blitar Tidak Bisa Ikuti UNBK

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Pelaksanaan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Blitar sudah dilaksanakan beberapa tahun belakangan. Tapi hingga saat ini ternyata ribuan siswa SMP/MTS di Kabupaten Blitar tidak bisa megikuti UNBK. Hal ini  ini akibat sarana sekolah yang tidak memadai untuk pelaksanaan UNBK.

Data yang ada di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, pada tahun 2018 ini terdapat 3.373 siswa SMP di Kabupaten Blitar yang tidak bisa mengikuti UNBK pada April mendatang. Kepala Dinas pendidikan kabupaten Blitar, Budi Kusumajarka mengatakan, masih banyak lembaga sekolah yang belum memiliki sarana memadai untuk menggelar UNBK sendiri.

“Masih banyak sekolah yang belum memiliki sarana memadai untuk menggelar UNBK. Sementara jika harus bergabung dengan sekolah lain yang memiliki sarana lengkap, sangat tidak mungkin karena jarak yang harus dijangkau sangat jauh,” jelas Budi kepada wartawan, Senin (26/2/2018).

| Baca Juga:  Positif Corona di Kabupaten Blitar Bertambah 3 Orang

Budi menambahkan jarak terdekat dengan sekolah yang memiliki fasilitas menggelar UNBK sekitar 20 kilometer. Sementara di kabupaten Blitar masih sangat minim sarana transportasi.

“Dengan adanya kondisi seperti itu, maka sejumlah lembaga sekolah yang belum memiliki fasilitas UNBK akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP),” imbuhnya.

Tercatat ada 54 lembaga sekolah setingkat SMP/MTS baik negeri maupun swasta akan melaksanakan ujian nasional UNKP.

“Lembaga sekolah yang belum bisa menggelar UNBK ini terdapat di lima kecamatan, diantaranya Kecamatan Wates, Bakung, Gandusari, Kademangan dan Binangun,” tambah Budi.

| Baca Juga:  Protes Kelangkaan Jagung, Ini Yang Dilakukan Peternak Ayam di Blitar

Jumlah siswa yang akan mengikuti UNKP hanya berkisar 30 persen saja dari jumlah siswa sebanyak 7.226.

“Meski hanya 30 persen, namun Budi tetap berupaya agar tahun depan, semua siswa di kabupaten Blitar bisa ikut UNBK.

“Meski hanya 30 persen dari keselurahunan siswa yang ada di Kabupaten Blitar, namun ini adalah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Dinas pendidikan. Kita harus mencari solusi agar tahun depan ini semuanya bisa ikut UNBK,” ucap Budi.

Tahun 2018, terdapat 49 lembaga pendidikan di Kabpaten Blitar yang melaksanakan UNBK. Jumlah tersebut terbagi untuk 21 lembaga mampu mandiri melaksanakan UNBK dan 28 lembaga sekolah bergabung dengansekolah lain.(*)

 

Reporter: Ana ALana