Beranda Pemerintahan Satgas Anti Kampanye Hitam Siap Awasi Pilbub

Satgas Anti Kampanye Hitam Siap Awasi Pilbub

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Menjelang penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tulungagung menandatangani nota kesepakatan bersama (MoU) antara Kepolisian dan Kejaksaan Negeri Tulungagung, dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Rabu (7/2/2018).

Dalam kesempatan tersebut Polres Tulungagung juga melaunching satgas anti black campaign dan money politic. Satgas tersebut nantinya siap mengawasi pelaksanaan pilkada serentak 2018 di Tulungagung.

banner

Endro Sunarko, Ketua Panwalu Tulungagung mengatakan, Tulungagung tidak hanya menggelar adanya pemilihan gubernur, namun juga menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Kita akan menggelar dua pemilihan untuk Pilgub dan juga pilbup. Untuk itu perlu kerja ekstra keras dalam hal pengawasan. Panwaslu akan melakukan pencegahan awal jika terjadi pelanggaran-pelanggaran kampanye pasangan calon. Bila tetap terjadi pelanggaran, Gakkumdulah yang akan menjadi tempat penyaring dan proses apakah pelanggaran tersebut masuk dalam pidana atau tidak,” jelas Endro.

| Baca Juga:  Pelunasan Dibuka, Berapa Ongkos Haji 2018?

Sementara itu, Kepolisian Resort Tulungagung sudah menyiapkan tim khusus untuk mencegah black campaign. Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengatakan, saat ini telah menyiapkan 10 personel untuk melakukan cyber patroli, di akun-akun sosial media.

“Cyber Patroli dilakukan terhadap akun-akun media sosial yang marak kampanye apalagi black campaign, memasuki tahapan kampanye. Sebetulnya 10 personil ini masih kurang ideal dan harus dibantu personil jajaran,” jelas Kapolres.

Penanda tanganan tersebut juga dihadiri beberapa pihak diantaranya TNI, KPU, camat, dan warga pengelola sosial media se-kabupaten Tulungagung.

Setelah penandatanganan MoU, sentra Gakkumdu, Panwaslu, Kepolisian, TNI, Pemkab Tulungagung dan KPU menandatangi petisi anti black campaign dan money politic Pilkada Tulungagung 2018.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here