Beranda Peristiwa Tebing Longsor Timpa Rumah Warga, 7 KK Diungsikan

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga, 7 KK Diungsikan

BERBAGI

Malang, AGTVnews.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang sepanjang Jumat malam (2/2/2018) mengakibatkan tebing longsor di Dusun Ngeprih Desa Bendosari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang dan menimpa 4 rumah warga, Sabtu (3/1/2018).

Material longsor juga mengancam 3 rumah lainnya yang berada di bawah tebing. Untuk mengantisipasi longsor susulan, 7 kepala keluarga terpaksa harus diungsikan.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan, dari data pihaknya terdapat 4 rumah warga mengalami kerusakan parah akibat tertimpa material longsor. Sementara 3 rumah lainnya, terancam jatuh ke dasar tebing, karena berada di tepi bukit yang longsor.

| Baca Juga:  Gagal Take Off, Ratusan Penumpang Terlantar Di Bandara Abdulrahman Saleh

“Longsor yang terjadi akibat hujan deras semalaman di wilayah tersebut. Longsor yang terjadi menimpa 4 rumah, dan 3 rumah lainnya saat ini terdampak dan dikhawatirkan ikut longsor ke bawah,” jelas Bambang.

Bambang menambahkan, harusnya konstruksi tanah dibuat terasiring sehingga bisa mengurangi adanya kemungkinkan longsor seperti saat ini.

Akibat kejadian tersebut, 7 kepala keluarga terdampak terpaksa harus mengungsi ke beberapa rumah tetangga atau keluarga yang dirasa aman.

Akibat kejadian tersebur, tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, relawan dan masyarakat bergotong-royong melakukan pembersihan puing reruntuhan bangunan rumah warga.

| Baca Juga:  Coban Glotak, Air Terjun Lereng Gunung Kawi

BPBD mengingatkan, agar warga lebih waspada karena kondisi tanah yang gembur dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun diperkirakan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta Rupiah.(*)

Reporter: Ilmi Zamzam