Beranda Peristiwa 4 SMP Negeri Nebeng UNBK di Sekolah Lain

4 SMP Negeri Nebeng UNBK di Sekolah Lain

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Empat SMP Negeri yang ada di Kota Blitar Jawa Timur, dipastikan akan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah lain. Hal ini dikarenakan kondisi sekolah yang masih belum mampu menggelar UNBK secara mandiri.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin mengatakan, dari data yang ada di Dinas Pendidikan Kota Blitar, SMP Negeri yang sudah siap melaksanakan UNBK secara mandiri tahun ini diantaranya SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 8, dan SMPN 9. Sementara 4 lembaga SMP lainnya yakni, SMPN 3, SMPN 5, SMPN 6 dan SMPN 7 belum bisa menerapkan UNBK secara mandiri.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan beberapa lembaga untuk menggunakan fasilitas di tempat mereka, agar lembaga SMP yang belum bisa UNBK mandiri bisa menggelar UNBK tersebut,” ujar Dindin, Selasa (20/3/2018).

Dindin menambahkan, untuk 4 sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK mandiri Dinas Pendidikan, meminjam tempat di SMKN 3, SMK Katolik, dan SMK Islam.

“Semua sudah melaksanakan UNBK, namun ada empat lembaga yang sampai sekarang belum bisa melaksanakan UNBK di sekolahnya sendiri, dan masih harus menumpang ke lembaga sekolah lain,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Wow, Baru Kelas 3 Siswa Madrasah Ini Raih Emas di Olimpiade Matematika Internasional

Meski masih ada beberapa lembaga SMP yang menumpang di lembaga sekolah lain untuk pelaksanaan UNBK, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya jumlah SMP negeri yang sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri tahun ini bertambah.

Tahun sebelumnya hanya ada 3 SMP yang siap melaksanakan UNBK secara mandiri. Sedangkan tahun ini, jumlah SMP yang siap melaksanakan UNBK secara mandiri ada 5 sekolah.

Dindin mengakui, ada beberapa kendala yang terjadi dan menjadikan lembaga SMP di Kota Blitar ini belum bisa melaksanakan UNBK Mandiri. Salah satunya dalah permasalahan infrastruktur.

“Kendala utama memang pada masalah infrastruktur. Sebagian sekolah belum memiliki laboratorium komputer,” paparnya.

Saat ini, tahapan pelaksanaan UNBK masih perumusan materi. Sesuai rencana, pelaksanaan UNBK tingkat SMP akan dilakukan pada 23-28 April 2018. Dinas juga sudah melakukan simulasi pelaksanaan UNBK di sekolah.(*)

Reporter: Ana Alana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here