Beranda Pemerintahan Anggaran Perbaikan Jalan di Kabupaten Blitar Dipangkas Rp 60 M

Anggaran Perbaikan Jalan di Kabupaten Blitar Dipangkas Rp 60 M

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Anggaran perbaikan jalan di Kabupaten Blitar tahun 2018 ini mengalami penurunan cukup fantastis yakni sebanyak Rp 60 miliar dibanding pada anggaran tahun 2017 lalu.

Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar, Nanang Adi membenarkan adanya penurunan anggaran tersebut. Menurutnya tahun 2018 ini ada 119 titik jalan di Kabupaten Blitar yang mendapatkan jatah perbaikan dan perawatan. Dari total 119 titik itu, anggaran yang disediakan hanya sebesar Rp 140 miliar.

| Baca Juga:  Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Blitar Gelar Job Fair

“Jumlah itu mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017 lalu. Dimana pada 2017 anggrannya mencapai Rp 200 miliar. Jadi tahun ini memang ada penurunan sekitar Rp 60 miliar. Penurunan anggaran itu, disebabkan karena suntikan dana dari pemerintah pusat mengalami penurunan yang secara otomatis berpengaruh pada APBD,” jelas Nanang Adi, Rabu (28/3/2018).

Nanang menjelaskan, sumber anggaran perbaikan dan perawatan jalan tersebut berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bantuan dari Provinsi Jawa Timur, serta Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat. Tahun ini total ada sekitar 110 kilometer jalan yang akan diperbaiki.

| Baca Juga:  Ponpes Al Kamal Wonodadi Dikukuhkan Jadi Pesantren Tangguh Semeru

“Rinciannya, sekitar 40 kilometer berupa peningkatan jalan, dan 70 kilometer berupa pemeliharaan jalan. Meski ada penurunan namun tahun ini tetap kita lakukan perbaikan dan perawatan sejumlah titik jalan di Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Saat ini, kondisi jalan di Kabupaten Blitar masih banyak yang mengalami kerusakan. Bahkan beberapa warga memilih untuk menanam pohon pisang di jalan yang rusak, karena tidak kunjung diperbaiki. (*)

Reporter: Ana Alana