Beranda Pemerintahan Bupati Blitar Dukung Pelestarian Budaya Candi Mleri

Bupati Blitar Dukung Pelestarian Budaya Candi Mleri

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Melestarikan budaya leluhur, sejumlah warga sekitar Candi Mleri melakukan Kirab Bedol Pusaka. Kirab pusaka dengan tema Ruwatan Banda Bandu Bumi Bung Karno diberangkatkan langsung oleh Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, Kamis (22/3/2018).

Kirab bedol pusak tersebut dimulai dari Candi Mleri hingga lapangan Kauman Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Jawa Timur. Menurut Bupati Blitar, meski baru dilakukan sekali ini namun ternyata berjalan dengan baik dan lancar.

“Luar biasa sekali, kirab ini baru pertama kali dilakukan tapi sudah sangat bagus dan lancar. Idenya sungguh bagus sekali. Kirab ini menunjukkan adanya perhatian dari masyarakat dalam melestarikan peninggalan nenek moyang,” jelas Rijanto.

“Saya berharap, kirab seperti ini akan terus digelar, tentunya dengan konsep yang lebih bagus dan berkulitas,” harap Rijanto.

| Simak Video Berita Ini:

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Blitar akan melakukan percepatan pembangunan kawasan wisata, termasuk juga wisata budaya.

“Dengan adanya kirab ini, akan semakin menambah khasanah wisata budaya yang ada di Kabupaten Blitar. Bila wisatanya bagus, nanti kembalinya juga kepada masyarakat. Semakin banyak wisatawan, maka bisa mengangkat perekonomian warga,” jelas BUpati.

| Baca Juga:  Bupati Blitar Sambut Kedatangan Kedatangan Presiden Kelima RI

Di tempat yang sama, Ketua Lembaga Pelindung Pelestari Budaya Nusantara (LP2BN) Blitar, Aris Sugito mengatakan, tujuan kirab ini untuk membangkitkan budaya leluhur. Aris berharap, dengan kegiatan seperti ini bisa mewujudkan wisata lebih baik dan memberikan masukan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan aspirasi masyarakat. Untuk melestarikan pusaka peninggalan bersejarah ini, kita terlebih dahulu melakukan kirab pusaka,” ujar Aries.

Diharapkan kegiatan ini nantinya juga melibatkan pemerintah desa, sehingga kirab bedol pusaka ini akan semakin meriah dan tertata.

Candi Mleri yang terletak di Desa Bagelenan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, merupakan candi tertua yang ada di Blitar. Candi ini merupakan tempat perabuan Ranggawuni, raja ketiga Kerajaan Singasari.(*)

Advetorial Humas Pemkab Blitar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here