Beranda Politik Bupati Blitar Ingatkan ASN dan Kades Tidak Terlibat Kampanye

Bupati Blitar Ingatkan ASN dan Kades Tidak Terlibat Kampanye

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Bupati Blitar Rijanto mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para kepala desa (kades) serta staf tidak boleh terlibat menjadi tim sukses, tim kampanye dan tim lainnya pada Pilkada.

Pernyataan tersebut disampaikan Rijanto setelah adanya keterlibatan dua kades di Kabupaten Blitar dalam kampanye calon gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa, beberapa waktu lalu. Dengan kejadian tersebut, panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Blitar melayangkang surat peringatan.

Rijanto mengatakan, keterlibatan Kades dalam kampanye Cagub diyakininya bukan karena kesengajaan. Melainkan karena ketidak fahaman Kades jika ada rambu-rambu yang melarang Kades menghadiri kampanye.

“Kebanyakan mereka itu belum tau kalau ada rambu-rambunya. Jadi mereka bukan datang untuk ikut aktif berkampanye melainkan dalam rangka menyambut tamu yang datang ke desanya. Apalagi yang datang adalah tokoh nasional,” jelas Rijanto, Senin (5/3/2018).

Rijanto juga mengakui jika dirinya sebagai bupati juga pernah mendapatkan teguran dari Panwaslu Kabupaten Blitar. Menurutnya, saat itu ia diundang untuk menghadiri sebuah acara dan tidak mengetahui jika dalam acara itu juga dihadiri salah satu Cagub.

| Baca Juga:  Hanura Tulungagung Gelar Paparan Visi Misi Calon Bupati

“Masak saya sebagai undangan langsung pulang begitu saja saat mengetahui ada Cagub yang hadir. Apalagi saat itu yang datang Gus Ipul, kita juga tau kalau Gus Ipul saat ini juga masih Wakil Gubernur Jatim, ya gak pantas kalau tiba-tiba saya nyelonong pulang,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya mengajak semua pihak untuk saling mengingatkan. Agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Ia juga meminta KPU dan Panwaslu Kabupaten Blitar untuk semakin gencar melakukan sosialisasi. Terutama bagi para ASN dan Kades.

“Untuk menghindari hal serupa terjadi kami terus mengingatkan Kades maupun ASN. Namun tidak hanya itu kami juga meminta KPU maupun Panwas untuk terus sosialisasi agar semua faham aturan ini,” pungkasnya.(*)

Advetorial Humas Pemkab Blitar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here