Beranda Tips Trik Cara Bikin Sabun Cair Ramah Lingkungan Berbahan Limbah Minyak Goreng

Cara Bikin Sabun Cair Ramah Lingkungan Berbahan Limbah Minyak Goreng

BERBAGI

AGTVnews.com – Memanfaatkan hasil sisa pembuatan minyak goreng, atau yang disebut minyak nabati padat, warga Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo membuat sabun cair ramah lingkungan. Disebut ramah lingkungan karena dibuat dari bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar.

Penyuluhan pembuatan sabun cair ini dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan dan B3 Indonesia (Amphibi). Sabun cair ini dibuat dari minyak nabati padat atau sawit, yang direbus bersama sejumlah bahan herbal seperti daun jeruk nipis, daun serai, daun pandan, buah naga dan juga bengkoang.

Aktivis lingkungan Amphibi, Agus Salim Tanjung mengatakan, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan di sekitar kita, maka produk yang digunakan semakin minim bahan kimia.

“Kita gunakan bahan dari minyak goreng, sisa pembuatan minyak goreng. Kemudian dicampur dengan bahan-bahan herbal dari lingkungan sekitar kita. Saya sudah pakai selama satu tahun, dan kulit saya tidak apa-apa. Aman-aman saja. Kalau kita mau uji lab kan, silahkan. karena ini yang kita gunakan adalah minyak goreng,” jelas Agus.

| Baca Juga:  Dinilai Menyalahi Aturan, Ratusan POM Mini Akan Ditutup

Sementara itu, Kepala Desa Kebonsari, Imam Saruji menyambut baik kegiatan penyuluhan pembuatan sabun cair ini. Pembuatan sabun cair ini bisa dikembangkan, untuk perbaikan ekonomi kemasyarakatan.

“Saya senang sekali mendapat pengetahuan ini. Hal ini nantinya bisa dikembangkan di desa kami untuk masyarakat agar bisa lebih maju lagi. Terlebih bisa digunakan untuk para pelaku UMKM,” jelas Imam.

Bahan herbal yang diambil dari lingkungan sekitar, digunakan sebagai bahan tambahan pewarnaan dan juga sebagai pewangi sabun cair ramah lingkungan ini.

Selain mendapat sosialisasi pembuatan sabun cair ramah lingkungan, warga juga diajak untuk memanfaatkan limbah seperti plastik dan juga limbah rumah tangga lainnya untuk diubah menjadi barang yang lebih bermanfaat.(*)

Reporter: Rohid Salman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here