Beranda Ekonomi Bisnis Misteri Hilangnya Uang Nasabah BRI

Misteri Hilangnya Uang Nasabah BRI

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Satu minggu terakhir, masyarakat di Kediri Jawa Timur resah dengan adanya dana tabungan di Bank BRI yang hilang secara misterius. Nasabah merasa tidak melakukan penarikan atau transaksi, namun di rekening mereka tercatat adanya transaksi penarikan uang dengan nilai yang beragam.

Kejadian ini diketahui setelah beberapa nasabah di BRI Ngadiluwih Kabupaten Kediri beramai-ramai mendatangi kantor unit BRI setempat dan melakukan pemblokiran serta penarikan dana di rekening mereka.

Seperti yang dialami salah satu nasabah, Iriani, yang mengaku kehilangan uang dari rekeningnya sebesar Rp 4 juta melalui transaksi ATM. Berdasarkan pengakuannya, dirinya sama sekali tidak melakukan transaksi apapun.

Kejadian yang sama juga dialami nasabah lainnya, Elfina warga Desa Teratai Kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri. Elfina mengaku kaget setelah mendapat pemberitahuan melalui SMS adanya penarikan uang melalui transaksi ATM dengan nilai sebesar Rp 500 ribu.

Simak Video Berita Ini:

“Iya uang saya hilang sebesar lima ratus sekian. Kalau saya ambil pasti bulat lima ratus ribu, tapi ini ndak, ada lebihnya,” jelasnya. Elfian lalu menunjukkan SMS pemberitahuan dari call center BRI dimana uangnya terdebet sebesar Rp 504,146.49 pada 11/03/2018 pukul 21.02.57.

“Pada jam yang disebutkan itu, saya malah sudah tidur di rumah bersama keluarga. Kaget juga saat menerima notifikasi, tapi mau lapor ke mana kejadiannya sudah malam,” tandasnya saat ditemui di kantor BRI unit Ngadiluwih.

Kejahatan Skimming

Pihak Bank BRI melalui pimpinan Bank BRI cabang Kediri Dadi Kusnadi, menduga apa yang terjadi pada nasabah mereka sepertinya kejahatan skimming.

“Skimming merupakan penyadapan data nasabah, termasuk untuk no PIN ATM. Bila dilihat dari nilainya yang tidak bulat, diperkirakan kejadian tersebut terjadi di luar negeri,” jelas Dadi.

“Tapi sebetulnya dari IT sudah melakukan pengecekan di seluruha ATM untuk melihat apakah ada skimmer atau alat sadap, namun hasilnya clean alias bersih. Karena ini teknis, kami tidak tahu tiba-tiba uang nasabah hilang begitu saja. Maka kami lapor ke pusat,” tambahnya.

| Baca Juga:  Mayat Terbakar di Ladang Tebu Berbau Minyak Tanah

Jumlah Korban Membengkak

Kejadian uang hilang misterius dari rekening nasabah ternyata juga terjadi di dua wilayah kecamatan lain yaitu Kecamatan Kras dan Ringinrejo. Bila sebelumnya dilaporkan ada 33 nasabah yang menjadi korban, bertambah menjadi 87 nasabah setelah dijumlah dengan 2 kecamatan tersebut.

Pihak bank menjanjikan kepada para nasabah yang uangnya raib, akan mendapat ganti setelah 40 hari kerja. Untuk antisipasi pertama, nasabah diminta untuk mengganti pin, namun ternyata banyak warga yang memilih untuk mengambil uang mereka dan mengosongkan rekeningnya.

Dari data yang ada di bank BRI Cabang Kediri, terdapat 87 nasabah BRI di Kabupaten Kediri yang kehilangan uang mereka. Sekitar 33 nasabah sudah mendapat ganti, sementara 54 lainnya masih menunggu.

Pihak BRI pusat sudah meminta, bagian yang berwenang untuk terus melakukan pengecekan secara kontinyu, sebagai langkah antisipasi bila kejadian sama terulang lagi.

Polisi Turun Tangan

Sementara itu, pihak kepolisian dari Polda Jawa Timur, menurunkan tim khusus untuk menyelidiki langsung kejadian tersebut. Petugas juga memberikan sejumlah pertanyaan kepada warga yang saldonya terdebet ‘misterius’.

Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan mengatakan, masih terus meminta keterangan nasabah Bank BRI yang mengaku uangnya terdebet. Pengambilan keterangan saksi dilakukan untuk mengetahui apa yang terjadi dari peristiwa ini.

“Kami masih terus memintai keterangan saksi. Meskipun jumlah nasabah yang mengalami pembobolan uang di ATM diketahui, tetapi besar uang yang terdebet otomatis, secara keseluruhan belum diketahui,” kata AKBP Erick Hermawan, kepada media beberapa waktu lalu.

Dalam proses penyelidikan ini, Timsus Polda Jatim melakukan pertemuan bersama pihak Bank BRI diantaranya, Kepala Kanwil BRI Malang, Perwakilan dari BRI Cabang Kediri, serta Kepala Unit BRI Unit Ngadiluwih. Kegiatan ini juga dihadiri Kapolres Kediri, AKBP Erick Hermawan, Kasat Reskrim, AKP Hanif Fatih Wicaksono dan Kapolsek Ngadiluwih, AKP Shokib Dimyati.(*)

Reporter: Tim Liputan AGTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here