Beranda Ekonomi Bisnis Pedagang Baju Jadul Nantikan Berkah Hari Jadi Kota Blitar

Pedagang Baju Jadul Nantikan Berkah Hari Jadi Kota Blitar

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Hari jadi Kota Blitar, selalu dimeriahkan dengan siswa-siswi yang wajib memakai pakaian jaman dulu (jadul). Pakain jadul ini dikenakan seluruh siswa selama satu minggu penuh, dari tanggal 1-7 April. Selain siswa, pakaian jadul juga wajib dikenakan Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai hotel, bahkan pedagang pasar.

Momen ini dijadikan sebagian pedagan musiman untuk menggelar dagangan pakaian jadul mereka. mereka berharap bisa mendapat keuntungan dari peringatan hari jadi Kota Blitar ini.

Salah satunya, Teguh Rahayu Slamet, yang memilih untuk meninggalkan pekerjaannya di pasar templek Kota Blitar sementara waktu dan beralih menggelar dagangan baju jadul.

“Sudah dua tahun ini saya menjual baju jadul musiman. Biasanya saya buka dagangan jam 07.00 pagi samapai jama 21.00. Hasilnya lumayan, karena semua murid wajib pakai baju jadul, jadi banyak yang cari,” jelas Slamet di lokasi lapaknya Jalan Cokroaminoto Kota Blitar.

| Baca Juga:  Belajar Nyetir, Avanza Disambar KA Gajayana

Slamet menjual baju jadul mulai ukuran anak-anak hingga dewasa. Jenisnya juga bermacam-macam, mulai dari kebaya kutu baru, sorjan, komboran serta aksesoris pelengkapnya berupa blangkon. Harganya pun bervariasi tergantung ukuran dan bahan.

Untuk urusan harga, Slamet mengaku sangat bersaing dibanding toko atau butik. Untuk baju jadul anak-anak ukuran TK dan SD dijual mulai Rp 65 ribu hingga Rp 75 ribu per stel. Sedangkan untuk ukuran dewasa dijual dengan harga Rp 85 ribu hingga Rp 100 ribu per stel.

“Yang paling laris ukuran anak TK dan anak SD. Karena jumlahnya siswanya memang sangat banyak. Enaknya beli di saya, harganya bisa ditawar,” ucap Slamet sambil promosi.(*)

Reporter: Ana Alana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here