Beranda Peristiwa Ratusan Ikan Koi Ramaikan Festival Ikan Kediri 2018

Ratusan Ikan Koi Ramaikan Festival Ikan Kediri 2018

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Ratusan ikan koi dari sejumlah tempat di Indonesia ramaikan kontes festival ikan Kediri 2018 di gedung Convention Hall Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri. Festival ini digelar dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten kediri yang ke-1214.

Festival Ikan Kediri 2018 ini diadakan oleh Koi Club Kediri dan diikuti 720 ekor ikan koi dengan peserta kontes sebanyak 204 dari beberapa daerah diantaranya Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Kalimantan dan Palembang. kegiatan ini digelar 2-4 Maret 2018.

Menurut Haryati Sutrisno, Bupati Kediri, kegiatan ini digelar sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas ikan Koi di kabupaten Kediri.

“Disini itu kita memiliki kolam buat ikan Koi tidak hanya kecil tapi luas. Seluas tambak. Tujuannya memang untuk meningkatkan kualitas ikan koi di kabupaten Kediri,” jelas Bupati.

Bupati menambahkan, kegiatan festival Ikan Kediri ini tidak hanya untuk ikan Koi saja, namun juga untuk ikan betta.

| Baca Juga:  Tingkatkan Pelayanan, Bupati Resmikan Gedung BPKAD

“Memang dengan kegiatan ini kita berharap kualitas ikan hias yang ada di Kabupaten Kediri ini semakin meningkat. Awalnya kita rencanakan untuk internasional juga, namun dengan pertimbangan kita belum ada ada bandara, jalan tol juga belum, makanya kita tunda. Eh ternyata ada peserta dari luar negeri,” beber Bupati.

Penilaian untuk ikan hias tersebut berdasarkan bentuk tubuh yang ideal, kesimetrisan tubuh dari kepala sampai ekor, warna kulit dan kecerahan kulit ikan. Beberapa jenis ikan koi yang ikut dalam festval koi tersebut yakni ikan koi kohaku , tancho , asagi , shusui , bekko , doitsu , koromo , gosshiki , hikari , mujinono , ki utsurimono dan kinginrin.

Saat ini di kabupaten Kediri ikan hias sudah memiliki penggemarnya sendiri. bahkan terdapat kelompok pembudidaya dengan prestasi nasional.

Untuk potensi budidaya ikan koi di kabupaten Kediri sendiri mencapai 56 juta per ekor per tahun dengan nilai ekonomis setahun hingga 250 miliar.(*)

Advetorial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here