Beranda Peristiwa Beringin Jimbun Tumbang, Evakuasi Butuh 20 Jam

Beringin Jimbun Tumbang, Evakuasi Butuh 20 Jam

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Pohon beringin di perempatan Jimbun Desa Ringinsari Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, tumbang dihempas angin kencang yang melanda wilayah tersebut. Proses evakuasi pohon berumur ratusan tahun itu membutuhkan waktu hingga 20 jam, agar jalur utama Kediri Blitar dapat dilewati, Selasa siang (3/4/2018).

Kapolsek Kandat AKP I Ketut Suparta menjelaskan, proses pembersihan masih dilakukan hingga saat ini karena memang pohon yang roboh sangat besar berdiameter sekitar 3 meter dan juga tinggi sekitar 40 meter.

“Proses pembersihan masih berlangsung, namun sebagian kendaraan sudah bisa lewat hanya dari arah selatan tetapi ya harus sabar dan pelan. Antrian kendaraan mencapai 1 kilometer. Kalau mau cepet harus mencari jalur alternatif. Begitu juga dari arah berlawanan,” ujar Kapolsek.

| Baca Juga:  Gempa Guncang Kediri Pusat Kegempaan di Darat

| Video Rekomendasi untuk Anda:

Robohnya pohon ini juga menimpa sejumlah kios dan warung. Untuk kerugian akibat pohon tumbang ini masih dalam pendataan. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Sementara itu untuk arus lalu lintas, meski sudah bisa dilalui sebagian, namun untuk kendaraan bus dan truk besar melalui jalur barat arah Ngadiluwih. Untuk mobil pribadi dan roda dua ke arah masuk ke jalan desa. Sedangkan dari arah selatan, kendaraan besar sejak dari perempatan Dusun Cangkringan Desa Sumberjo Kandat dialihkan ke arah Barat menuju wilayah Kras.

| Baca Juga:  Sebuah Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Blitar Hingga Rata dengan Tanah

Pohon beringin di perempatan Jimbun tercatat sudah beberapa kali roboh. Namun untuk kejadian Senin sore (2/4/2018) ini, pohon tersebut roboh bersama akarnya dan melintang di tengah jalan utama Kediri Blitar. Evakuasi melibatkan puluhan personil BPBD Kabupaten Kediri, Polres Kediri, TNI dan relawan.(*)

Reporter: Rianto