Beranda Politik Dapil Pileg 2019 Berubah, Siapa Diuntungkan?

Dapil Pileg 2019 Berubah, Siapa Diuntungkan?

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Berbeda dengan pemilu 2014, pada pemilu legislatif 2019 nanti Kabupaten Blitar akan menambah satu daerah pemilihan (dapil). Dari awalnya terdapat lima dapil, pada pemilu 2019 nanti menjadi 6 dapil. Penambahan ini dilakukan pasca adanya usulan penambahan dapil KPU Kabupaten Blitar dan disetujui KPU Pusat.

Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifah mengatakan, sebelum ditetapkan penambahan dapil, pihaknya sudah melakukan berbagai tahapan. Salah satu tahapanya adalah menerima masukan dan usulan dapil dari Parpol peserta pemilu 2019 di Kabupaten Blitar.

Dari usulan-usulan tersebut, beberapa ada yang memberi masukan tetap lima dapil, namun beberapa diantaranya juga ada yang mengajukan usulan tambahan menjadi enam dapil. Untuk pilihan enam dapil alasannya terkait dengan pemerataan jumlah kursi per dapil, pemerataan pembangunan, letak geografis, serta jumlah penduduk di masing-masing dapil.

| Baca Juga:  Mahkota Logam Temuan Warga Blitar Merupakan Benda Seni

| Video Rekomendasi untuk Anda:

“Dari tahapan dan usulan inilah, kami akhirnya mengajukan tiga usulan dapil. Pertama lima dapil seperti pileg sebelumnya. Kemudian dua dapil alternatif yang masing-masing jumlah dapilnya ada enam,” ungkap Imron Nafifah, Kamis (19/4/2018).

Petinggi Parpol Cemaskan Penambahan Dapil

Penambahan daerah pemilihan Pileg 2019 mendapat tanggapan beragam dari sejumlah petinggi partai politik. Ada yang menyatakan setuju, adapula yang menyayangkan penambahan dapil tersebut.

Munib, ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Blitar mengungkapkan, penambahan dapil ini diyakini bakal menguntungkan partainya. Alasannya, bertambahnya dapil membuka peluang lebih besar kepada PKB untuk menambah jumlah kursi di DPRD Kabupaten Blitar.

“Penambahan dapil ini artinya kita punya kesempatan menambah jumlah kursi, target kita PKB dapat 13 kursi,” papar Munib, Rabu (18/4/2018).

Sementara ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar, Mujib mengaku cemas dengan penambahan dapil tersebut. Menurutnya, penambahan dapil ini mau tak mau mempengaruhi caleg incumben Partai Gerindra. Karena sejauh ini, selama empat tahun menjadi wakil rakyat sudah berjuang di dapilnya masing-masing.

| Baca Juga:  Pileg 2019, Jumlah Dapil Kabupaten Blitar Bertambah

“Kalau bicara untung rugi sebenarnya biasa-biasa saja. Namun memang akan membuat sedikit keberatan bagi bacaleg incumbent. Mereka ini sudah bekerja membangun konstituen, lantas sekarang peta dapil berubah, otomatis mereka harus menyusun strategi baru,” paparnya.

Namun kata Mujib, sebagai kontestan pemilu, parpol harus mengikuti aturan KPU. Dia berharap dengan penambahan dapil tersebut bisa membuka peluang penambahan kursi Gerindra di DPRD Kabupaten Blitar. “Saat ini kami punya enam kursi, kami berharap penambahan dapil ini membuka peluang Gerindra untuk mendapatkan lebih dari enam kursi,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana