Beranda Peristiwa Dua Waduk Dikuras, Warga Bantaran Brantas Diminta Waspada

Dua Waduk Dikuras, Warga Bantaran Brantas Diminta Waspada

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Selama 3 hari kedepan, dari 27-29 April 2018, dua waduk yang ada di Blitar yakni waduk Lodoyo dan Wlingi akan dikuras atau lebih dikenal dengan pladu. Dengan kegiatan pladu tersebut akan berimbas terhadap debit air yang ada di sungai Brantas yang akan meningkat.

Juru pintu air Bendungan Gerak Waru Turi di Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, Suwanto mengatakan, dari jadwal yang sudah ditentukan, Pladu waduk Lodoyo akan diadakan pada 27 April pukul 20.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

“Dari jadwalnya waduk Lodoyo dikuras pada 27 April, kemungkinan air tiba di wilayah Kediri pada Sabtu 28 April sore hari,” jelasnya, Jumat (27/4/2018).

| Baca Juga:  Polres Blitar Kota Bantu Pencarian Korban Mobil Terjun ke Brantas

| Video Rekomendasi untuk Anda:

Sementara, untuk jadwal pengurasan di Waduk Wlingi, lanjut Suwanto, akan dilaksanakan sekitar pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 wib.

“Dengan debit air yang meningkat ini, saya minta warga yang ada di bantaran sungai Brantas untuk lebih waspada. Karena dipastikan debit air akan meningkat,” ujarnya.

Sementara untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan, Polres Kediri Kota akan menurunkan 20 personel, yang terdiri dari satu regu Rainmas, dua regu Backbone, dan satu Patmor.

“Polres Kediri Kota akan melakukan pengamanan saat pladu ini karena untuk mengantisipasi terjadinya tindakan kriminal dan memastikan keselamatan warga. Sebab diperkirakan antusias warga sangat tinggi,” jelas Kasat Sabhara Polres Kediri Kota, AKP Riko Saksono.

| Baca Juga:  Polisi Kediri Ringkus Pembuat Serbuk Petasan Asal Jombang

“20 personel itu akan menyebar di beberapa titik yang dinilai rawan. Seperti di sekitar jembatan lama Kota Kediri dan beberapa lokasi lainnya. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, nantinya juga akan ada yang berpatroli di sepanjang aliran Sungai Brantas,” pungkasnya.(*)

Reporter koranmemo.com: Angga Prasetya

Berita ini telah tayang di koranmemo.com dengan judul ‘Pladu Dimulai, Warga Diimbau Waspada’