Beranda Hukum Kriminal Pasang Tarif Lebih Mahal, Jukir Bazar Jadul Ditangkap Polisi

Pasang Tarif Lebih Mahal, Jukir Bazar Jadul Ditangkap Polisi

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Seorang juru parkir (jukir) di area Bazar Jadul kawasan Alon-Alon Kota Blitar diamanakan petugas Polres Blitar Kota. Jukir inisial DS (37 tahun) warga Jalan Jati Kelurahan Sukorejo Kota Blitar ini diduga memeras pengunjung dengan menarik biaya parkir diatas ketentuan dan menggunakan karcis palsu.

“Pelaku ini meminta restribusi parkir sebesar Rp 5.000 ke pengguna roda dua. Padahal tarif parkir untuk sepeda motor Rp 3.000. Setelah diperiksa ternyata karcis parkir yang digunakan palsu karena dicetak sendiri, bukan resmi dari Dinas Perhubungan Kota Blitar,” ujar AKP Heris Sugiono, Kasatreskrim Polres Blitar Kota, Jumat (6/4/2018).

| Baca Juga:  Rumah Plt Sekda Nganjuk Digeledah Tim KPK

Pernyataan Heri tersebut disampaikan setelah adanya penangkapan terhadap jukir ‘nakal tersebut dan dilakukan pemeriksaan.

| Video Rekomendasi untuk Anda:

“Ada laporan dari masyarakat, Kamis (05/04/2018) malam, lalu petugas mencoba cek di lapangan. Ternyata benar ada seorang jukir yang diduga telah melakukan pemerasan dengan cara menarik uang retribusi parkir lebih mahal dari tarif resmi,” tambahnya.

Saat ini polisi juga meminta keterangan sejumlah saksi dari jukir lain yang beroperasi di sekitar lokasi bazar. Keterangan saksi diperlukan untuk mendalami aliran hasil retribusi parkir bodong tersebut. Polisi juga mencari pencetak karcis parkir palsu tersebut.

| Baca Juga:  Nongkrong Tanpa Masker dan Gelar Balap Liar Puluhan Remaja Blitar Diamankan

“Karcisnya sudah dipastikan palsu karena dicetak sendiri bukan keluaran Dishub, untuk itu kami akan melakukan pendalaman dari mana karcis itu diperoleh serta kemana saja aliran uang parkir tersebut,” jelasnya.

Dari tangan DS, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya uang tunai sebesar Rp 479.000, dua bendel karcis parkir palsu berwarna kuning berisi 100 lembar bertuliskan Rp 5.000. Dua bendel karcis kuning yang sudah tersobek, satu bendel karcis warna putih, serta satu bendel karcis warna merah muda keluaran resmi Dishub Kota Blitar.(*)

Reporter: Ana Alana