Beranda Politik Pileg 2019, Jumlah Dapil Kabupaten Blitar Bertambah

Pileg 2019, Jumlah Dapil Kabupaten Blitar Bertambah

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Blitar dipastikan bertambah. Jika pada Pileg 2014 lalu hanya ada lima Dapil, tahun ini bakal ada tambahan satu Dapil sehingga total menjadi enam.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, Imron Nafifah menjelaskan, keputusan ini menyusul surat resmi dari KPU Pusat terkait jumlah dapil di Kabupaten Blitar.

Penetapan dapil ini tertuang dalam keputusan KPU nomor 278 tahun 2018 tentang penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan DPRD kabupaten/kota di provinsi Jawa Timur dalam pemilu 2019.

“Jumlah dapil tersebut sesuai dengan jumlah penduduk di Kabupaten Blitar yang berada di angka sekitar 1,2 juta jiwa,” terang Imron, Senin (16/4/2018).

| Baca Juga:  Heri Noegroho Come Back, Pilih PKB Ketimbang PDIP

| Video Rekomendasi untuk Anda:

Rincian perebutan kursi dalam dapil yakni, Dapil satu meliputi Kecamatan Bakung, Kademangan, Kanigoro dan Wonotirto, dengan alokasi 9 kursi. Dapil 2 meliputi Kecamatan Nglegok, Sanankulon dan Srengat, dengan alokasi 8 kursi. Dapil 3 meliputi Kecamatan Ponggok, Udanawu dan Wonodadi, dengan alokasi 8 kursi.

Untuk Dapil 4 meliputi Kecamatan Gandusari, Garum, Selopuro dan Talun, dengan alokasi 10 kursi. Dapil 5 meliputi Kecamatan Doko, Kesamben, Selorejo dan Wlingi, dengan alokasi 8 kursi. Serta dapil 6 meliputi Kecamatan Binangun, Panggungrejo, Sutojayan dan Wates, dengan alokasi 7 kursi.(*)

Meskipun jumlah Dapil bertambah, namun alokasi kursi DPRD Kabupaten Blitar tetap 50 kursi. “Jumlah kursi tetap karena sesuai peraturan dimana disesuaikan dengan jumlah penduduk. Sedangkan perubahan Dapil ini untuk memeratakan kursi DPRD,” pungkas Imron Nafifah.(*)

Reporter: Ana Alana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here