Beranda Peristiwa Kurang Ventilasi, Ampas Tebu PG Mojopanggung Terbakar

Kurang Ventilasi, Ampas Tebu PG Mojopanggung Terbakar

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Gudang ampas tebu pabrik gula Mojopanggung Tulungagung terbakar, Sabtu (14/4/2018). Karena banyaknya tumpukan tebu mengakibatkan petugas pemadam kebakaran kesulitan mencari titik bara api. Untuk pemadaman dikerahkan 2 unit mobil damkar, 2 unit truk tangki pensuplai air dan 1 unit kendaraan berat untuk mengeluarkan ampas tebu dari dalam gudang.

Dalam kebakaran tersebut tidak terlihat adanya kobaran api, namun asap terus mengepul dari tumpukan ampas tebu tersebut. Kepulan asap ini diketahui saat ampas tebu tersebut akan digunakan untuk bahan bakar mesin ketel uap.

banner

Kabid Damkar Satpol PP Tulungagung, Rakidi mengatakan, diduga api tersebut muncul akibat panasnya tempat penyimpanan karena kurangnya ventilasi.

| Video Rekomendasi untuk Anda:

“Api ini muncul karena tempat penyimpanan yang sangat panas. Panasnya ini karena kurangnya ventilasi pada bangunan gudang. Ditambah lagi ampas tebu yang tersimpan lama ini terfermentasi sehingga mengakibatkan mudah terbakar,” jelasnya.

Rakidi menambahkan, petugas kesulitan mencari titik bara api, karena kepulan asap terus muncul.

“Asap ini terus muncul, dan kita tidak tahu dimana titik bara apinya. Akhirnya kita kerahkan alat berat untuk mengeruk ampas tebu yang ada, agar api tidak menjalar ke seluruh gudang,” imbuh Rakidi.

Untuk memastikan api benar-benar padam, petugas PMK terus melakukan penjagaan di sekitar lokasi kebakaran dengan melakukan pembasahan terus-menerus.

“Kita masih terus melakukan penjagaan dan pembasahan agar kebakaran tidak merembet. Ini saja asap terus mengepul. Bahkan ampas tebu yang sudah dikeluarkan sempat terbakar karena tiupan angin,” pungkas Rakidi.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here