Beranda Peristiwa Masuki Pancaroba, Jawa Timur Berpotensi Puting Beliung

Masuki Pancaroba, Jawa Timur Berpotensi Puting Beliung

BERBAGI

Sidaorjo, AGTVnews.com – Memasuki masa peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke kemarau, ternyata diikuti beberapa potensi bencana diantaranya puting beliung maupun hujan petir. Potensi ini diperkirakan mengancam hampir seluruh daerah di Jawa Timur.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo, angin puting beliung yang biasanya disertai hujan deras ini, diprediksi akan terjadi hingga akhir April mendatang.

Kasi Data dan Informasi BMKG, M Taufiq Hermawan mengatakan, dari hasil pemantauan BMKG Juanda, diperkirakan angin puting beliung ini akan terjadi di sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Timur yang memiliki hamparan luas di bagian timur dan barat diantaranya Sidoarjo, Lamongan, Malang dan Bojonegoro.

| Baca Juga:  4 Terduga Teroris Dibekuk Densus 88

| Video Rekomendasi untuk Anda:

“Hampir semua wilayah di Jawa Timur berpotensi terkena bencana hujan petir, diikuti puting beliung. Bencana ini ditandai dengan adanya awan pekat atau awan cb dan diikuti penurunan suhu yang drastis,” jelas Taufiq, Rabu (4/4/2018).

Taufiq menambahkan, dengan adanya potensi ini diharapkan masyarakat untuk lebih waspada. “Setidaknya tolong hindari bangunan semi permanen, baliho besar maupun berteduh dibawah pohon besar,” jelas Taufiq.

BMKG memprediksi, angin puting beliung ini biasanya akan muncul pada sore menjelang malam, karena pengaruh pertumbuhan awan CB, yang didalamnya terdapat dorongan sirkulasi udara.(*)

| Baca Juga:  Tertimpa Dahan Patah, Kios Pedagang Pasar Bendil Wungu Rusak

Reporter: Rohid Salman