Beranda Viral Polisi Ini Nyambi Jadi Tukang Sampah, Alasannya Bikin Terharu

Polisi Ini Nyambi Jadi Tukang Sampah, Alasannya Bikin Terharu

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Seorang polisi yang bertugas di Polres Tulungagung Jawa Timur, memilih menyambi sebagai tukang sampah. Profesi sampingan ini dilakoni Aiptu Trisih Setiono selama dua tahun terakhir. Meski pihak keluarga awalnya menetang, namun hal itu tidak menyurutkan niat polisi ini untuk menekuni pekerjaan kasar ini.

Bagi Aiptu Trisih Setiono, semboyan Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, tidak hanya menjadi semboyan semata. Namun ternyata benar-benar menjadi pegangan seorang Aiptu Trisih untuk hidup di lingkungannya. Tanpa risih dan jijik, polisi yang akan purna tugas ini mengambil sampah dari rumah ke rumah, dan membawanya ke pembuangan akhir.

“Apa yang saya lakukan ini karena saya tidak ingin lingkungan saya menjadi kotor. Ya memang karena saya ingin menjaga lingkungan saya menjadi bersih selalu,” ucap laki-laki warga Desa Ngrendeng Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Jawa Timur ini.

| Simak Video Berita Ini:

Untuk mewujudkan tekadnya menjaga lingkungannya tetap bersih, Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) di Polsek Gondang ini sampai membeli kendaraan sendiri di tahun 2016 sebagai alat angkut sampah.

| Baca Juga:  Taman Ketandan, Taman Hiburan Warga Tulungagung

“Ini sebagai persiapan juga setelah saya purna tugas nanti. Saya masih bisa melayani masyarakat dengan membersihkan lingkungan mereka,” ucap Trisih.

Saat ini lebih dari 200 rumah tangga telah menjadi pelanggan untuk menggunakan jasa kebersihan Trisih. Para pelanggan tersebut tersebar di 5 desa di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Gondang dan Kecamatan Durenan. Sampah sampah dari rumah para pelanggan ini, rutin diambil setiap tiga hari sekali. Untuk jasanya ini, para pelanggan rumah tangga cukup membayar iuran sebesar Rp 20 ribu perbulan, dan Rp 50 ribu untuk warung.

Trisih hanya berharap usahanya ini bisa terus berkembang, dan menjadi lapangan usaha baru. “Kelak saya ingin mendirikan bank sampah, lalu bisa memberdayakan para pemuda di kampung. Dengan begitu warga bisa terbiasa hidup bersih dan bisa mengambil manfaat dari sampah yang mereka buang,” tandasnya.(*)

Reporter: Wawan Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here