Beranda Wisata Hiburan Soto Degan, Sensasi Baru Kuliner Penggoyang Lidah

Soto Degan, Sensasi Baru Kuliner Penggoyang Lidah

BERBAGI

Surabaya, AGTVnews.com – Pernahkah anda tahu buah degan menjadi masakan soto? Pastilah yang terbayang degan adalah minuman yang menyegarkan. Namun ternyata ditangan seorang ahli kuliner, Rani Soraya warga Kabupaten Jember ini, degan bisa disulap menjadi soto yang rasanya menggoyang lidah.

Soto degan yang diwadahi dalam bathok ini, dibakar dan disajikan hangat-hangat. Ternyata menjadi kuliner yang paling banyak dicari pada saat gelaran bazar di Mapolda Jatim memperingati hari Bhayangkari. Bahkan Ibu Kapolda Jatim, Lita Machfud Arifin mengakui kelezatan soto degan ini.

“Rasanya enak sekali. Beda sama soto biasanya. Ini didalamnya adanya air degan, dicampur kuah soto, terus degan sama jamur dan dibakar. Rasanya enak sekali,” ujar Lita.

Ucapan yang sama juga Faisal, penikmat soto degan ijo ini. Katanya Soto degan ijo tersebut memang beda dengan soto biasanya, karena rasanya yang nikmat.

| Video Rekomendasi untuk Anda:

“Beda sekali ini dengan soto biasanya. Yang ada jamur sama degan. Mungkin ini pas untuk pecinta vegetarian dan tidak makan daging,” ucap Faizal.

| Baca Juga:  Asyiknya Ngabuburit di Menara Masjid Al Akbar Surabaya

Sementara itu, Rani Soraya pencipta kuliner soto degan mengaku, kuliner unik ini pernah menjuarai festival kuliner di Jember.

“Pertama kali dibuat tahun 2016 dan laris manis hingga sekarang. Bumbu kuah soto degan sama seperti soto biasa. Yang membedakan hanya pada lauk dan pelengkapnya. Soto biasa menggunakan daging ayam atau sapi, tetapi, untuk soto ini menggunakan daging jamur dan serutan daging kelapa muda,” jelas Rani.

Rani menambahkan, cara memasak soto ini pun sangat mudah. Mula-mula kuah soto dimasak menggunakan air kelapa dan bumbu unik. Setelah matang, kuah lalu dimasukkan ke dalam batok kelapa muda termasuk lauk dan semua bahan pelengkap. Kemudian soto berwadah batok kelapa muda ini lalu dipanggang selama setengah jam, agar menimbulkan aroma sedap.

Memang saat ini soto degan ini masih belum populer, karena para pembuatnya yang berada di Jember masih mengandalkan pesanan. Jika anda penasaran, cukup siapkan uang Rp 35 ribu untuk bisa menikmati seporsi soto degan khas Jember ini.(*)

Reporter: Nurul Abidin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here