Beranda Pemerintahan Gesture 23 ASN Tulungagung Bukan Aksi Dukung Paslon

Gesture 23 ASN Tulungagung Bukan Aksi Dukung Paslon

BERBAGI
Ketua Panwaslu Kabupaten Tulungagung, Endro Sunarko

Tulungagung, AGTVnews.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panawaslu) Tulungagung telah menyelesaikan semua prosedur sebagai upaya untuk meminta keterangan 23 ASN yang diduga mendukung paslon cabub tertentu. Hasilnya, Panwaslu menyatakan gesture foto para ASN hanya gaya foto biasa.

Komisioner Panwaslu Tulungagung, Mustofa Ibrahim mengatakan, pihaknya telah melakukan semua prosedur yang ada mulai dari mengundang yang bersangkutan untuk diklarifikasi, mengkaji hasil klarifikasi dan membahasnya dalam Pleno internal Panwaskab. “Hasilnya tidak ditemukan cukup bukti atas foto tersebut” ujar Mustofa, Jumat (11/5/2018).

| Video Rekomendasi untuk Anda:

Lebih rinci Mustofa menjelaskan, tidak cukup bukti yang dimaksudkan adalah tidak adanya cukup bukti jika tindakan yang dilakukan oleh ASN tersebut melanggar aturan. Hal ini dikuatkan oleh keterangan saksi yang ikut dimintai klarifikasi.

“Saksi yang dimaksud merupakan ASN yang ada dalam foto namun tidak menunjukkan gesture victory. Berdasarkan keterangan saksi yang ada di lokasi pengambilan foto, dijelaskan jika foto tersebut diambil secara spontan dan tidak ada pengerahan gaya dari pihak tertentu untuk berpose dengan gaya tertentu,” jelasnya.

| Baca Juga:  Tradisi Jamasan Pusaka Tombak Kyai Upas Sebagai Tolak Balak

Fakta lain yang ditemukan Panwaskab adalah, selain foto yang dijadikan dasar pemeriksaan tersebut ternyata ada banyak foto lain yang mengabadikan perjalanan para ASN dalam kunjungan kerjanya ke Lombok tersebut dengan beragam gaya dan gesture yang tidak melulu bergaya victory.

Masih menurut Mustofa, temuan lain yang menguatkan tidak adanya unsur pelanggaran dalam foto tersebut adalah tidak adanya simbol paslon, gambar paslon dan foto yang dilakukan yang bersangkutan tidak diambil di Tulungagung maupun Jawa Timur namun diambil di Lombok yang dianggap sebagai wilayah netral dalam Pilkada.

“Kami juga temukan foto lain selain foto gesture victory tersebut, dan faktanya gaya dari masing masing ASN tidak hanya victory saja namun ada gaya gaya lain selama dalam perjalanan tugas ke Lombok tersebut,” Pungkas Mustofa.

Namun pihaknya tetap akan memberikan rekomendasi kepada Pj Bupati Tulungagung selaku pimpinan dari yang bersangkutan agar memberikan pembinaan kepada mereka yang terlibat agar tidak melakukan tindakan atau gesture yang bisa mengundang kegaduhan semacam ini.(*)

Reporter: Firmansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here