Beranda Peristiwa Ini Rekam Jejak Ketua JAD Jatim Asal Blitar

Ini Rekam Jejak Ketua JAD Jatim Asal Blitar

BERBAGI

AGTVnews.com – Banyak yang tidak percaya terduga teroris Samsul Arifin alias Abu Umar (37 tahun) yang ditangkap Densus 88 di rumah kontrakannya di Singosari Malang adalah warga Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Beberapa tetangga kaget mendengar penangkapan pria yang sehari-hari disapa Apin oleh warga sekitar itu. Warga lebih kaget setelah mendengar Samsul Arifin alias Abu Umar adalah ketua Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur.

Salah satu tetangga yang juga teman sekolah Samsul Arifin mengungkap fakta saat masih bersekolah Samsul sempat mengajukan permohonan ganti nama. Nama yang dimohonkan pun bukan nama yang lazim digunakan warga pada umumnya.

| Video Rekomendasi untuk Anda:

“Minta ganti nama, kalau gak salah nama Abu Umar itu yang sekarang digunakan itu, namun tidak diperbolehkan,” tutur warga yang enggan disebutkan namanya itu, Kamis (17/5/2018).

Sementara Sugilah tetangga lainnya mengungkapkan jika Fatokah ibu Samsul Arifin sempat syok mendengar kabar penangkapan anaknya. Jauh sebelum putranya tertangkap bahkan Fatokah juga sempat berkeluh kesah pada tetangga dekatnya itu terkait perubahan sikap anaknya.

| Baca Juga:  Konser Kebangsaan Blitar Meriahkan HUT RI di Pendopo Kabupaten Blitar

“Tetangga sini juga banyak yang kaget. Ibunya sering mengeluh tapi gak bisa berbuat banyak karena sepertinya Apin itu sudah tidak bisa dinasehati,” paparnya.

Dilihat dari latar belakang pendidikan, Samsul Arifin yang dikenal sebagai seorang guru ngaji dan penjual buku itu adalah lulusan STI Al Muslihun Tlogo, Kanigoro.

Rumah keluarga Samsul Arifin di Desa Jatinom itu selama ini memang dikenal tertutup dari tetangga sekitar. Meski asal usul keluarganya merupakan keluarga terpandang di desa setempat. Dirumah sederhana itu, Samsul Arifin diketahui tinggal bersama ibunya Fatokah, istri sahnya Insiah dan dua orang putra putrinya yang berusia 10 tahun dan 8 tahun.

Pasca ramai pemberitaan terkait keluarganya, rumah Samsul Arifin semakin tertutup dari warga sekitar. Sama sekali tak terlihat aktivitas di rumah tersebut. Istri sah Samsul Arifin, Insiah sempat terlihat keluar rumah dengan menggunakan pakaian tertutup berwarna coklat muda serta cadar berwarna senada untuk membeli sayuran.

| Baca Juga:  Bikin Merinding! Ini Pesan Terakhir Siswi SMP Yang Tewas Gantung Diri

Namun ketika mengetahui keberadaan sejumlah wartawan, Insiah yang terlihat tetap modis meski bercadar itu, buru-buru masuk rumah dan menutup pintu, sambil membawa belanjaannya.

“Ono opo to kok rame-rame (Ada apa kok rame),” ungkap pedagang sayur keliling yang dibeli Insiah, sambil memutar kendaraanya dari halaman rumah.

Sementara hingga kini Polres Blitar juga belum mendapatkan informaai terkait penangkapan Samsul Arifin alias Abu Umar ini. Kapolres Blitar, AKBP Anissullah M. Ridha menuturkan, sudah mendengar kabar penangkapan warga Desa Jatinom itu. Namun Polres Blitar belum bisa memberikan keterangan lebih detail karena belum ada informasi dari Polda Jatim dan Densus 88.

“Kami belum dapat info resmi dari Polda maupun dari Densus 88 terkait penangkapan SA,” ungkap Anissulah M. Ridha melalui pesan singkat.(*)

Reporter: Ana Alana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here