Beranda Hukum Kriminal Jutaan Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai Blitar

Jutaan Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai Blitar

BERBAGI

AGTVnews.com – Sekitar satu juta batang rokok ilegal diamankan bea cukai Blitar dalam operasi lima bulan terakhir. Bila dalam rupiah, nilai jutaan rokok tersebut mencapai Rp 746 juta.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Blitar, Arif Setijo Noegroho mengatakan, satu juta batang itu merupakan hasil dari 39 kali penindakan. Dari semua wilayah yang berada di bawah pengawasan kantor Bea Cukai Blitar. Wilayah tersebut meliputi Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek.

| Baca Juga:  Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal Senilai 70 Juta Dimusnahkan Bea Cukai Blitar

“Ini adalah hasil penindakan petugas Bea Cukai Blitar sejak Januari hingga Mei 2018, dari seluruh wilayah yang berada di bawah pengawasan kantor Bea Cukai Blitar,” papar Arif Setijo Noegroho, Rabu (23/5/2018).

Menurut Arif, meski jumlah tersebut berasal dari empat wilayah Kabupaten/Kota, namun jumlah terbanyak didapat dari wilayah Kabupaten Blitar. Kabupaten Blitar menyumbang 738.240 batang rokok ilegal dengan nilai Rp 525.411.800 dari Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar pada 13 Januari 2018 lalu.

“Terbanyak kami temukan di Kabupaten Blitar, menyusul Tulungagung dan Trenggalek,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Bea Cukai Kediri Musnahkan Barang Hasil Operasi Senilai Ratusan Juta

Dengan temuan itu, menunjukkan bahwa Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek cukup rawan terhadap peredaran rokok ilegal. Untuk itu Kantor Bea Cukai menghimbau masyarakat tidak mencoba-coba untuk mengedarkan rokok ilegal. Karena hal tersebut merugikan negara dan merupakan perbuatan melanggar hukum.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Linda Kusuma

| Video rekomendasi untuk anda: