Beranda Politik Minta Persetujuan Surat Suara, KPU Kota Kediri Undang 3 Paslon

Minta Persetujuan Surat Suara, KPU Kota Kediri Undang 3 Paslon

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Meminta persetujuan tentang surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri mengundang tiga pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri, di Rumah Pintar Pemilu Kilisuci, Rabu (9/5/2018). Masing-masing paslon dipersilahkan untuk mencermati dan meneliti surat suara sebelum akhirnya dicetak.

Menurut Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Teknis Penyelenggaraan dan data, Pusporini Endah Palupi, agenda yang diadakan kali ini untuk meminta persetujuan dari masing-masing paslon tentang desain gambar surat suara. Desain ini nantinya yang akan dipakai dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri, 27 Juni 2018 mendatang.

“Hari ini penandatanganan contoh surat suara untuk dicetak sesuai dengan DPT atau Daftar Pemilih Tetap per TPS ditambah 2,5 persen,” jelas pusporini.

Pusporini menambahkan dari agenda pertemuan tersebut, masing-masing paslon masih belum menyetuji desain yang diperlihatkan. Mereka masih memberikan koreksi dan juga saran.

“Ternyata masih banyak koreksi baik dari pasangan calon nomor urut 1, 2, maupun 3. Koreksi tersebut itu kita layani. Nantinya kita akan desain ulang, sebelum akhirnya dicetak,” ungkapnya.

| Baca Juga:  Sensasi Pacu Adrenalin Bermain Airsoftgun

Koreksi diberikan paslon diantaranya tentang warna gambar pasangan calon, kecerahan gambar, hingga ukuran foto pasangan calon. Pusporini menjelaskan desain surat suara menjadi hal yang sangat vital dalam proses pilkada. Jika desain surat suara tersebut tidak sesuai dengan apa yang diinginkan pasangan calon, KPU tidak bisa mencetak.

KPU Kota Kediri mengaku tidak akan membatasi jumlah koreksi dari masing-masing pasangan calon. Proses cetaknya, baru akan dilakukan jika seluruh paslon menyatakan persetujuannya.

“Targetnya tidak ada berapa kali, tapi kita juga akan menghitung waktu bagi percetakan untuk mencetak surat suara tersebut,” jelas Pusporini.

KPU akan mencetak sebanyak 204.495 surat suara, ditambah surat suara Pemungutan Suara Ulang sebanyak 2.000 surat suara. Seluruh surat suara tersebut, akan disebar ke 485 TPS di Kota Kediri.(*)

Reporter: Wiji Guntoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here