Beranda Peristiwa Miris, Setiap Hari Ada 30 Janda dan Duda Baru di Tulungagung

Miris, Setiap Hari Ada 30 Janda dan Duda Baru di Tulungagung

BERBAGI
Tamat Zainudin, Humas Pengadilan Agama Tulungagung.(fir)

AGTVnews.com – Sebanyak 30 janda baru, setiap hari muncul di Tulungagung Jawa Timur. Angka ini merupakan rata-rata yang tercatat di kantor Pengadilan Agama Tulungagung. Setiap hari Pengadilan Agama menyelesaikan kasus gugat cerai dari pihak istri, maupun talak cerai dari pihak suami.

Humas Pengadilan Agama Tulungagung, Tamat Zaifudin mengatakan rata-rata setiap hari hakim di Pengadilan Agama (PA) Tulungagung menyelesaikan 30 perkara perceraian, cerai talak maupun cerai gugat.

“Rata-rata satu hari permohonan perceraian yang diputuskan hakim sebanyak 30 perkara setiap harinya, rata-rata itu lo ya,” ujar Tamat.

| Baca Juga:  Tracing PDP, 15 Warga Bungur Tulungagung Reaktif Rapid Test

Tamat menjelaskan, berdasarkan data yang dimilikinya jumlah permohonan yang masuk pada tahun ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sepanjang tahun 2017 pihaknya menerima permohonan cerai gugat sebanyak 2150 perkara. Sedangkan permohonan cerai talak sebanyak 964 perkara. Jadi total terdapat 3114 permohonan cerai.

Sementara itu, hingga pertengahan bulan ke-4 tahun 2018 ini, Pengadilan Agama telah menerima permohonan cerai talak sebanyak 314 permohonan dan gugat cerai sebanyak 773 permohonan, total sebanyak 1087 permohonan.

“Iya trennya ada kenaikan permohonan perceraian di tahun ini jika dibandingkan tahun 2017. Tahun lalu total ada 3114 permohonan, kemudian pada bulan ke-4 tahun ini sebanyak 1087 permohonan,” lanjutnya.

| Baca Juga:  Puluhan Warga Antusias Ikuti UNAS Kejar Paket C

Naiknya perceraian di Tulungagung dari tahun ke tahun dipicu adanya berbagai sebab, diantaranya faktor ekonomi. faktor ekonomi ini dinilai sebagai penyebab terbesar kasus perceraian. Banyaknya warga Tulungagung yang bekerja di luar negeri maupun luar kota, sedikit banyak menyumbang perceraian dari faktor ekonomi.

Selain itu penyebab lain perceraian yakni, perselisihan antar pasangan, faktor selingkuh serta beberapa penyebab lain yang melatar belakang retaknya hubungan rumah tangga.(*)

Reporter: Firmansyah
Editor  : Linda Kusuma