Beranda Viral Panen Semangka Kembar Siam, Petani di Blitar ini tidak Tega Makan

Panen Semangka Kembar Siam, Petani di Blitar ini tidak Tega Makan

BERBAGI

AGTVnews.com – Panen semangka kembar siam, petani yang ada di Dusun Rejoso Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Jawa Timur ini tidak berniat menjual apalagi memakannya. Semangka yang ditanam di lahan seluas 5 hektar tersebut merupakan tanaman dari petani Muji Harjita dan Sugeng Wiranto.

Saat ditimbang semangka kembar siam tersebut memiliki berat 10 kg. Menurut kedua petani tersebut, semangka yang ditanam merupakan jenis fres/quality. Jenis tersebut merupakan jenis semangka yang memang sering ditanam petani.

banner

“Dari luasan tanam 5 hektar tersebut hasil panen yang diperoleh sebanyak 25 ton. Ada puluhan ribu buah semangka, yang kembar siam hanya ada satu saja,” jelas Jito, panggilan akrab Muji Harjito.

Jito mengaku kaget dengan semangka kembar siam dari hasil tanam musim ini. Selama bertahun-tahun bercocok tanam semangka dan melon, Jito mengaku baru kali ini menemui fenomena unik tersebut.

“Awalnya tidak perhatian. Lewat di tanaman yang berbuah kembar itu biasa saja. Namun setelah usia buah masuk 20 hari, baru terlihat kalau semangka itu dempet,” ungkap Jito.

Setelah mengetahui ada tanamannya berbuah langka ini, selanjutnya Jito meminta kepada para pekerja untuk memberikan perhatian ekstra. Tujuannya agar tanaman tersebut tidak diserang hama dan bisa berhasil sampai panen. “Alhamdulillah akhirnya bisa benar-benar panen semangka kembar siam,” ucap Jito bangga.

Disebut semangka kembar siam karena 2 buah tersebut menempel satu sama lain. Bila biasanya buah semangka hanya ada 1 buah dalam satu tangkai, pada kasus semangka kembar siam ini ada 2 buah yang saling menempel.

Menurut Jito, semangka kembar siam miliknya akan diawetkan saja dan tidak untuk dimakan. “Waduh mau dimakan kok eman, sayang sekali. Semangka kembar siam ini hanya pernah ada di negara Cina dan Jepang. Lha ini ada di Blitar, jadi luar biasa,” ujarnya.

Saat ini buah semangka kembar siam milik Jito sudah diamankan di rumahnya di Dusun Ngatub Desa Kambingan Kecamatan Pagu kabupaten Kediri. Banyak kolega dan tetangga yang penasaran ingin melihat buah ajaib tersebut.(*)

Reporter: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here