Beranda Pemerintahan Pegawai Main HP Saat Pelayanan, Dinkes Langsung Terbitkan Larangan

Pegawai Main HP Saat Pelayanan, Dinkes Langsung Terbitkan Larangan

BERBAGI
Bambang Triono, Sekretaris Dinas Kesehatan Tulungagung.(fir)

Tulungagung, AGTVnews.com – Dinas Kesehatan Tulungagung langsung menerapkan larangan bagi petugas Puskesmas memegang handphone saat jam layanan. Larangan ini muncul setelah viral video yang diunggah salah satu pasien Puskesmas Desa Tunggangri Kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung.

Dalam video yang diunggah tersebut terlihat beberapa petugas Puskesmas Tunggangri yang asyik bermain HP dan tidak memperdulikan layanan terhadap pasien.

Menanggapi keluhan tersebut, Dinas Kesehatan Tulungagung langsung melakukan pemanggilan terhadap sejumlah petugas yang tertangkap dalam video unggahan tersebut.

“Kita sudah panggil pegawai-pegawai yang dalam rekaman tersebut main handphone pada jam aktif layanan. Kita juga memberikan pembinaan agar mereka tidak lagi mengulangi perbuatannya,” jelas Sekretaris Dinas Kesehatan Tulungagung Bambang Triono melalui pesan singkatnya, Sabtu (26/5/2018).

| Baca Juga:  Pj Bupati Tulungagung Kecewa dengan Pameran Produk Unggulan

Bambang menambahkan, selain memanggil dan melakukan pembinaan bagi pegawai-pegawai tersebut, pihaknya juga telah menyepakati keputusan, bahwa selama jam pelayanan berlangsung di Puskesmas maka seluruh pegawainya dilarang untuk bermain handphone.

Peraturan ini tidak hanya untuk Puskesmas Tunggangri Kalidawir saja namun untuk seluruh Puskesmas yang ada di bawah kendali Dinas Kesehatan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan layanan maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan perawatan, pertolongan maupun pemeriksaan kesehatan.

“Iya memang diputuskan seperti itu, untuk semua pegawai di Puskesmas dilarang bermain handphone selama jam pelayanan berlangsung. Kalau sudah jam istirahat yang silahkan,” ujar Bambang Triono.

| Baca Juga:  Separo ASN Tulungagung Kembali WFH

Bambang menegaskan, pelayanan terbaik kepada pasien merupakan salah satu hal utama yang harus dikedepankan. Sebab di era modern ini lembaga pelayanan kesehatan dituntut untuk menjadi lembaga yang ramah terhadap pasien dan mengutamakan pelayanan yang baik, tidak hanya sekedar bisa menyembuhkan saja.

Diketahui, video tentang pelayanan Puskesmas Tunggangri Kalidawir yang tidak mengutamakan pasien tersebut, pertama kali diunggah ke media sosial oleh Ahmad Saifudin salah satu pasien pada kamis (17/05) lalu. Pada captionnya, Ahmad mengeluhkan tidak mendapatkan pelayanan semestinya.(*)

Reporter: Firmansyah
Editor  : Linda Kusuma