Beranda Pemerintahan KPU Kota Kediri Sosialisasikan Desk Pilkada Serentak

KPU Kota Kediri Sosialisasikan Desk Pilkada Serentak

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Agus Rofiq menjadi pemateri dalam acara Sosialisasi Desk Pilkada Tahun 2018 Pemantapan Pilkada Serentak di Kota Kediri Tahun 2018, bertempat di Grand Surya Hotel Kediri, Selasa (15/5/2018). Acara dihadiri oleh Bagian Pemerintahan Kota Kediri, Ketua atau Perwakilan Panwaslu Kota Kediri, Ketua KPU Kota Kediri, dan kepala kelurahan se-Kota Kediri.

Agus Rofiq memaparkan materinya mengenai tahapan Pilkada serentak tahun 2018. Ia mengatakan PPS se-Kota Kediri sebanyak 46 PPS sedang proses pembentukan KPPS. “Pembentukan KPPS ini sama dengan pembentukan PPK PPS dengan melalui seleksi terbuka yang membedakan proses pembentukan KPPS sebelumnya,”tutur Agus Rofiq.

| Video Rekomendasi untuk Anda:

Selanjutnya, Agus Rofiq mengatakan bahwa KPU Kota Kediri telah menetapkan DPT pada tanggal 17 April 2018 dengan total jumlah sebanyak 199.271 pemilih. “Berdasarkan DPT tersebut kami memetakan TPS se-Kota Kediri total jumlah diluar Lapas sebanyak 484 TPS ditambah 1 Lapas sehingga jumlah total sebanyak 485 TPS se-Kota Kediri,”terang Agus Rofiq. ia menambahkan bahwa KPU Kota Kediri juga telah berkirim surat kepada PJS walikota terkait dengan kebutuhan Linmas dengan tembusan kepada Kepala Satpol PP, Ali Mukhlis. Bertujuan untuk segera mendapatkan nama-nama Linmas per-TPS sebanyak 2 orang sesuai dengan jumlah TPS per-kelurahan dan per-kecamatan yang akan ditugaskan di TPS.

Kemudian, Agus Rofiq menerangkan terkait dengan hak memilih. “Bagi yang tidak terdaftar dalam DPT sebernarnya tidak perlu khawatir karena pemilih bisa menggunakan hak memilih dengan menggunakan KTP-el atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dispendukcapil sehingga tetap bisa menggunakan hak memilihnya,”jelas Agus Rofiq. “Namun ada perbedaanya, kalau pemilih yang terdaftar di dalam DPT jika ada sesuatu hal bisa pindah lokasi memilih di TPS lain. Jika yang tidak terdaftar di DPT hanya bisa menggunaka hak pilihnya di TPS sesuai alamat KTP-el atau surat keterangan,”lanjutnya. Penggunaan hak pilih untuk pemilih yang belum terdaftar di DPT hanya bisa digunakan pada pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.00.

| Baca Juga:  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Calon Walikota Kediri

Agus Rofiq menjelaskan terkait dengan pergeseran logistik. Pergeseran logistik sudah direncanakan oleh KPU Kota Kediri paling akhir, tanggal 26 Juni 2018. “Untuk pengiriman logisitik langsung dari KPU Kota Kediri bergeser ke PPS dari 46 kelurahan se-Kota Kediri,”jelas Agus Rofiq. Tanggal 27 Juni 2018 pada hari pemungutan suara paling akhir pukul 06.00 atau 06.30 pengiriman logistik dari PPS ke seluruh TPS se-Kota Kediri.

Penyampaian hasil penghitungan suara dimulai pada tanggal 27 Juni 2018 sampai paling akhir 29 Juni 2018. Perekapan suara dilakukan di tingkat kecamatan oleh PPK se-Kota Kediri, kemudian hasil rekap beserta logistik  dari PPK akan disampaikan kepada KPU Kota Kediri mulai tanggal 28 Juni 2018 paling akhir 4 Juli 2018. Penetapan hasil Pemilu ditetapkan menggunakan sistem 1 putaran pemilihan. “Calon yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pemenang tanpa adanya batas minimal, meskipun selisihnya hanya 1 suara,”jelas Agus Rofiq.

Reporter: Wiji Guntoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here