Beranda Pemerintahan Sidak Harga, Bupati Blitar Justru Temukan Fakta Aneh

Sidak Harga, Bupati Blitar Justru Temukan Fakta Aneh

BERBAGI

AGTVnews.com – Bulan Ramadan, sejumlah pasar tradisional justru sepi pembeli. Fakta ini terungkap saat Bupati Blitar bersama forpimda, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), dan tim Satgas Pangan, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar tradisional.

Dalam sidak yang dipimpin langsung Bupati Blitar Rijanto itu, petugas menyisir sejumlah pasar tradisional. Salah satunya adalah pasar Srengat. Di pasar Srengat harga kebutuhan pokok masih cukup stabil. Namun kondisi pasar nampak sepi pembeli padahal masih pagi.

Melihat kondisi ini, usai melakukan sidak Bupati Blitar Rijanto mengatakan di beberapa titik pasar yang ada di Kabupaten Blitar memang permasalahan yang dialami hampir sama, yakni sepinya pembeli yang sering dikeluhkan para pedagang.

“Masalahnya banyak pedagang jualan di luar pasar, sehingga membuat yang di dalam sepi. Untuk itu kami memastikan terus melakukan penertiban, bersama dengan Kapolsek, Camat, dan Kepala Pasar. Namun memang seperti kita tahu kadang ada saja yang masih membandel,” tutur Rijanto, Rabu (30/5/2018).

| Baca Juga:  Hadiri Pelantikan PPS, Ini Pesan Bupati Blitar Rijanto

Sementara menurut salah satu pedagang yang menyampaikan keluhannya kepada Bupati Blitar, Muaimah, saat ini tidak ada peningkatan permintaan daging ayam selama bulan Ramadan. Karena kondisi pasar yang sepi tak jauh berbeda dengan hari biasa. Dalam sehari ia hanya mampu menjual kurang lebih 15 kilogram daging ayam.

“Sehari 15 kilogram itupun kadang juga gak habis. Meski saya buka mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore,” keluh Muaimah.

Lanjut Rijanto, khusus di pasar Srengat sebenarnya sudah ada aturan pembagian waktu berjualan bagi pedagang yang berada di luar maupun di dalam pasar. Ketentuannya Untuk pedagang bagian luar, berjualan mulai pukul 02.00 – 07.00 WIB. Sedangkan pedagang bagian dalam berjualan mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB. Namun ketentuan ini tak membuat pembeli beralih ke penjual di dalam pasar.

| Baca Juga:  Hore! THR dan Gaji Ke-13 PNS di Blitar Cair 5 Juni

“Kami minta kepala pasar aktif mengingatkan jika waktunya sudah habis ya harus tutup gantian yang di dalam yang buka,” tegasnya.

Dari pantauan harga kebutuhan pokok di pasar Srengat tetap stabil. Seperti bawang merah saat ini harganya Rp 23 ribu. Sedangkan bawang putih harganya Rp 15 ribu. Selain itu, harga cabe juga tetap stabil.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma