Beranda Peristiwa Dihadang Simpatisan PDIP, Panwaslu Batal Copot Bando Peringatan Bulan Bung Karno

Dihadang Simpatisan PDIP, Panwaslu Batal Copot Bando Peringatan Bulan Bung Karno

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Blitar, batal mencopot iklan bando peringatan Bulan Bung Karno yang terpasang di jalan Ahmad Yani Kota Blitar. Upaya tersebut gagal dilakukan karena adanya aksi penghadangan oleh kader PDI Perjuangan.

Bando tersebut dinilai Panwaslu melanggar aturan, karena terdapat gambar salah satu calon wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno. Oleh karena itu, Panwaslu melakukan koordinasi dengan petugas Satpol PP Kota Blitar untuk melakukan pencopotan.

Namun belum sampai dilakukan pencopotan, ternyata sejumlah kader dan simpatisan PDI-P telah berkumpul di lokasi bando tersebut dan menghadang petugas yang akan melakukan pencopotan. Bahkan sempat terjadi adu mulut antara petugas Panwaslu dan simpatisan yang tidak ingin bando tersebut dilepas.

“Memang ada indikasi pelanggaran karena pada bando itu ada gambar Cawagub Jatim,” jelas Ketua Panwaslu Kota Blitar, Mochlis Wibowo, Selasa (12/6/2018).

Setelah sempat terjadi ketegangan, Panwaslu dan kader PDIP melakukan dialog. Dalam dialog itu disepakati, Panwaslu membatalkan rencana pencopotan bando. Namun Panwaslu tetap akan melakukan negosiasi dengan tim sukses pasangan calon.

| Baca Juga:  Takjil Mengandung Borax Ditemukan di Blitar

Sebelumnya Panwaslu mengira bando itu dipasang oleh tim sukses pasangan calon. Sebelum melakukan penertiban, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan KPU dan Tim Sukses.

“Kami akan negosiasi dengan Timses paslon. Karena sebenarnya urusan kami dengan Timses. Tapi setelah dikonfirmasi ternyata bando ini dipasang oleh fraksi (PDIP Kota Blitar). Jadi nanti kita negosiasi lagi,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua Bidang Perekonomian dan Pemberdayaan Masyarakat DPC PDIP Kota Blitar, Dedik Hendarwanto mengatakan tidak ada tendensi kampanye dalam pemasangan bando itu. Karena bando itu dipasang oleh PDIP untuk memperingati Bulan Bung Karno.

Soal ada gambar cawagub Jatim, Puti Guntur Soekarno pada bando, itu memang keputusan kader PDIP Kota Blitar. Gambar cucu Bung Karno itu sebagai presentasi Bung Karno.

“Dalam bando itu jelas memang ada foto Mbak Puti, namun tidak ada nomor urut, tidak ada ajakan memilih serta bentuk kampanye lainnya. Kami bukan tim sukses, kami dari fraksi PDIP. Pemasangan bando juga gagasan fraksi,” papar Dedik, yang juga anggota DPRD Kota Blitar itu.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here