Beranda Peristiwa Dishub Tulungagung Prediksi Pemudik Tahun Ini Naik 5 Persen

Dishub Tulungagung Prediksi Pemudik Tahun Ini Naik 5 Persen

BERBAGI

AGTVnews.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung memprediksikan arus mudik 2018 ini jumlah pemudik akan meningkat sekitar 5 persen. Peningkatan ini terjadi karena banyaknya pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Dari data yang ada di Dishub Tulungagung, pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor dari berbagai daerah menuju ke Tulungagung pada tahun 2017 mencapai puncaknya pada H min 1 dengan jumlah kendaraan yang masuk mencapai 14.133 kendaraan sedangkan yang keluar dari Tulungagung sebanyak 9.763 kendaraan.

“Data tahun kemarin puncak arus mudik terjadi pada H min 1, ini tahun kemarin lho ya. Kalau tahun ini kita masih melakukan survey,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Tulungagung Maryani, Kamis (14/6/2018)

| Baca Juga:  Belum Ada Tersangka Kejari Usut Terus Kasus Korupsi PDAM Tulungagung

Maryani menambahkan, sementara untuk arus balik pada tahun 2017 lalu puncaknya terjadi pada H plus 2. Dengan jumlah kendaraan yang keluar dari Tulungagung sebanyak 21.467 sedangkan yang masuk ke Tulungagung sebanyak 18.784.

“Sedangkan arus baliknya yang kami pantau di pertigaan Ngujang itu tahun kemarin terjadi pada H plus 2, memang seharusnya pemantauan di 3 titik lainnya tapi karena Ngujang yang paling besar jadi kita pantau di satu titik saja,” jelas Maryani.

Maryani memperkirakan, untuk tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor bakal meningkat sebanyak 5% dibandingkan tahun lalu. Prosentase tersebut merupakan hasil survey yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan. Sementara untuk jumlah kendaraan yang mudik dan balik juga akan diprediksi mengalami peningkatan jumlah yang sama.

| Baca Juga:  SMK Siap Gelar Ujian Berbasis Komputer

Maryani mengatakan, peningkatan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari jumlah penduduk yang bertambah banyak dari tahun sebelumnya, serta peningkatan faktor ekonomi yang membuat masyarakat memilih untuk pulang kampung menggunakan kendaraan dibandingkan dengan transportasi lain seperti bus maupun kereta.(*)

Reporter: Firmansyah
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here