Beranda Hukum Kriminal Napi Korupsi Tidak Dapat Remisi Idul Fitri

Napi Korupsi Tidak Dapat Remisi Idul Fitri

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Sebanyak 246 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Blitar mendapat remisi hari raya Idul Fitri. Dari jumlah warga binaan yang mendapat remisi khusus (RK) terdapat enam narapidana yang langsung bebas setelah mendapat remisi. Sementara sebanyak 240 warga binaan pemasyarakatan mendapat pengurangan sebagian masa hukuman.

Disri Wulan Agustomo, Kasubsi Registrasi Lapas Klas II B Blitar mengatakan, dari 246 narapidana itu, 238 terlibat kasus tindak pidana umum sedangkan 8 lainnya kasus pidana khusus. “Untuk yang langsung bebas semuanya dari kasus tindak pidana umum,” jelas Disri, Senin (11/6/2018).

Sementara empat naparidana kasus korupsi tidak mendapatkan jatah remisi. Hal ini berdasarkan PP 99/2012 narapidana kasus korupsi yang mendapatkan keringanan hukuman adalah narapidana yang menjadi justice collaborator.

Artinya, narapidana ini mau melakukan kerja sama dengan penegak hukum untuk memberikan informasi penting terkait suatu kasus. Kesempatan untuk menjadi justice collaborator ini ditentukan oleh aparat penegak hukum.

| Baca Juga:  Natal, Empat Warga Binaan Dapatkan Remisi Khusus

“Mereka juga tidak membayar denda sesuai dengan amar putusan,” tuturnya.

Pemberian remisi kepada narapidana harus memenuhi beberapa ketentuan. Para narapidana ini, harus memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Persyaratan tersebut diantaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak sedang menjalani hukuman disiplin, berkelakuan baik, serta aktif mengikuti program pembinaan selama di Lapas.

“Tentunya remisi ini diberikan ketika narapidana sudah memenuhi beberapa persyaratan yang di tentukan,” ungkap Disri.

Saat ini jumlah narapidana di Lapas Klas II B Blitar sebanyak 340 orang. Sementara jumlah tahanan ada 139 orang.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here